Kodim 0110 Abdya Laksanakan Lomba Tari Saman

Reporter: Nazli Md

Abdya, Selasa 20/09/2016 (Suaraindonesia-news.com) – Dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT)TNI ke-71 Wilayah Kodim 0110 Aceh Barat Daya(Abdya) menggelar perlombaan Tari Saman tingkat Sekolah Menengah Atas(SMA) sederajat yang berlangsung di gedung serba guna kodim setempat.

Kegiatan lomba Tari Saman tersebut diikuti lima SMA/sederajat, yakni SMA 1  Abdya, SMA 2 Abdya, SMA 7 Abdya, SMA Harapan Persada, dan SMA Tunas Bangsa, lomba yang digelar untuk menyambut HUT TNI ke-71 dibuka oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Abdya Edwar Taufik.

Dalam sambutannya, Sekretaris Dinas Pendidikan Abdya Edwar Taufik. mengatakan, tarian daerah ini merupakan salah satu ajang pengembangan minat dan bakat di bidang seni tari. Kegiatan lomba ini salah satu agenda penting karena dampaknya sangat baik dalam rangka menggali dan mengembangkan budaya seni tari yang saat ini sudah mulai pudar.

“Untuk menjaga budaya daerah, perlu adanya pelestarian budaya daerah dengan melaksanakan lomba tari seperti yang dilaksanakan sekarang. “Ini merupakan salah satu kegiatan agar kita tetap melestarikan dan mencintai budaya daerah,” katanya.

Disamping itu, kata Edwar Taufik, dengan adanya perlombaan tari Saman ini daerah kita akan lebih dikenal di dunia luar, dengan menampilkan keindahan dan kreasi terbaru dibidang Seni Tari.

”Ini merupakan ajang yang sangat membanggakan, dan perlu di kembangkan di dunia pendidikan,” pungkasnya.

Sementara itu, dandim 0110 abdya Letkol Inf Puji Hartono SIP, yang diwakili Pasiter Kapten Arh Dwi Sugiarto menyebutkan, ajang perlombaan tari saman ini digelar dalam rangka HUT TNI ke-71 yag tujuannya, untuk menjalin persatuan dan kesatuan  generasi penerus bangsa serta membentuk  mental dan kepribadian yang handal guna membangun bangsa dan NKRI yang kuat.

“Melalui perlombaan tari saman ini akan terjalin kebersamaan dan kepribadian yang handal serta dapat mengembangkan budaya daerah,” sebutnya.

Ia menyebutkan, bagi ke lima peserta tari saman tersebut nantiknya akan di kirim satu yang terbaik diantaranya untuk mewakili kodim 0110 abdya ke tingkat korem, dan terus selanjutnya direncanakan bagi pemenang akan mewakili tingkat kodam.

“Bagi pemenang akan mewakili kodim 0110 abdya ke tingkat korem untuk mengikuti tari saman di provinsi se Aceh,” sebut Dwi.

Perlombaan Tari saman tersebut dihadiri, Sekretaris Dinas Pendidikan Abdya Edwar Taufik, Pasiter Kapten Arh Dwi Sugiarto, kepala sekolah, anggota makodim setempat dan seluruh tamu undangan lainnya.


Warning: A non-numeric value encountered in /home/suaraindonesia/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here