Kodim 0110 Abdya Genderangkan Perang Terhadap Narkoba

oleh
Dandim 0110/Abdya, Letkol Inf Puji Suhartono

Reporter : Nazli MD

Blangpidie-Abdya, suaraindonesia-news.com – Perang melawan penyalahgunaan narkoba terus digenderangkan, tak terkecuali oleh keluarga besar TNI. Seperti yang ditegaskan Komandan Distrik Militer (Dandim) 0110/Aceh Barat Daya (Abdya) Letkol Inf Puji Hartono SIP yang menyatkan siap menjadi garda tempur terhadap “teroris” halus tersebut.

Penegasan itu disampaikan Dandim 0110/Abdya, dihadapan puluhan insan pers saat melakukan silahturahmi yang sekaligus dalam upaya meningkatkan komunikasi dan bekerja sama sebagai mitra kerja Kodim dengan pers di Makodim setempat. Kamis (14/4).

Sebagai genderang awal, sebut Dandim, pihaknya telah melakukan pengecekan dengan melakukan test urine kepada seluruh personil di jajaran Kodim 0110/Abdya. 

Selain itu dirinya juga menegaskan akan terus melakukan pemeriksaan secara berkala. Mengingat tidak tertutup kemungkinan ada anggota yang akan terindikasi.

“Hasil pengecekan yang sudah kita lakukan belum ada anggota yang melakukan perbuatan itu,”sebut Dandim.

Namun demikian, Dandim dengan tegas mengharapkan kepada seluruh pihak agar segera melaporkan jika menjumpai anggotanya terlibat langsung menggunakan narkoba atapun menjadi bagian dari penyalahgunaan narkoba.

”Jika ada laporan, saya akan tindak lanjuti langsung,”ujarnya.

Ditegaskannya, sesuai dengan komitmen Pangdam Iskandar Muda, Mayjen TNI L Rudi Polandi kepada seluruh jajarannya akan memberikan sanksi berat jika ada anggotanya melakukan tindakan penyalahgunaan narkoba.

“Prajurit Kodim 0110/Abdya akan memberikan kontribusi dalam upaya memerangi narkoba, bukan justru terlibat. Jika terjadi, sanksi berat menanti,”tegas Puji Hartono.

Sebagai upaya pencegahan, lanjut Dandim, pihaknya telah melaporkan sikap perang terhadap narkoba kepada bupati Abdya, Jufri Hasanuddin, disebabkan pihaknya dalam melakukan tindakan selain dengan tindakan persuasif dan prefentif.

”Kita mengajak seluruh elemen masyarakat tanggap dan sadar terhadap bahaya laten narkoba ini,”sebutnya.

Selain menyatakan siap gempur narkoba, Dandim juga menyebutkan, dirinya telah menghimbau kepada Babinsa di jajarannya, untuk mengupayakan masyarakat bersih dari narkoba.

”Sosialisasi kesekolah-sekolah juga perlu, hal tersebut mengantisipasi terjerumusnya remaja pada barang haram itu. Tindakan sosialisasi lainnya, berupa pengumuman melalui spanduk-spanduk yang kita pasang dibeberapa titik,”tegasnya.

Pada kesempatan itu, Dandim juga berharap, kepada semua instansi dari pemerintah juga ikut menyadarkan dampak dan efek dari penyalahgunaan narkoba tersebut.

”Keberhasilan membasmi narkoba ini akan terasa bila semua pihak saling bekerja sama, tak terkecuali para awak media,”terangnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *