Kodam V/Brawijaya Akan Gelar Komandan Satuan

Reporter : Adhi

Surabaya, suaraindonesia-news.com – Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Sumardi menerima paparan Komandan Rindam V/Brawijaya Kolonel Inf Piek Budyakto tentang Rencana Garis Besar (RGB) kegiatan Apel Komandan Satuan (Dansat) yang akan dilaksanakan pada tanggal 25 s.d. 29 April 2016 bertempat di Ruang Bina Yudha Makodam V/Brawijaya, Surabaya.  Rabu 18 April 2016

Paparan tentang RGB ini dilaksanakan untuk melaporkan tentang kesiapan pelaksanaan Apel Dansat baik dari segi personel, materiil, medan, transportasi ataupun dari segi lainnya.

Pangdam V/Brawijaya, dalam sambutannya mengatakan, bahwa Apel Komandan Satuan (Dansat) jajaran Kodam V/Brawijaya merupakan sarana untuk evaluasi hasil pembinaan satuan dan kepemimpinan Dansat yang dilakukan pada Tahun Anggaran 2015 sekaligus sebagai forum diskusi para Dansat yang membahas berbagai hal yang terkait dengan kepemimpinan, dihadapkan pada dinamika tantangan tugas yang terus berkembang. 

Apel Dansat Kodam V/Brawijaya ini, diselenggarakan dengan semangat untuk mengidentifikasi berbagai permasalahan yang ditemukan di satuan-satuan jajaran TNI AD, sehingga dapat dirumuskan secara lebih jelas konsep pembinaan yang harus dilakukan oleh unsur pimpinan atau Komandan Satuan untuk mengatasinya.  

Semangat tersebut tercermin pada tema kegiatan yang telah ditetapkan, yaitu “Reaktualisasi Kepemimpinan Dansat Guna Memantapkan Soliditas, Profesionalitas dan Militansi Prajurit TNI AD Dalam Rangka Mendukung Tugas Pokok”.

Lebih lanjut Pangdam, mengatakan bahwa Apel Dansat  yang akan dilaksanakan ini, untuk menyamakan pemahaman para Komandan Satuan berkaitan dengan pokok-pokok kebijakan pimpinan TNI AD, yang selanjutnya kebijakan tersebut dijabarkan dalam pelaksanaan program kerja satuan, agar mampu mencapai sasaran terwujudnya satuan yang siap operasional dalam rangka mendukung tugas pokok TNI AD.

Muara dari kegiatan Apel Dansat ini adalah terwujudnya kesiapan operasional satuan yang optimal, serta prajurit-prajurit yang profesional, yaitu prajurit yang disiplin, jago perang, jago tembak, jago beladiri dan memiliki fisik yang prima. Disamping itu, para prajurit di satuan-satuan jajaran Kodam V/Brawijaya juga harus mampu memerankan dirinya sebagai insan teritorial, yang keberadaannya ditengah-tengah masyarakat sekitar satuan selalu memberikan manfaat. Kemanunggalan TNI-Rakyat harus senantiasa disadari dan dipedomani sebagai roh pengabdian TNI AD kepada masyarakat, Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Apel Dansat Kodam V/Brawijaya, akan dilaksanakan selama 5 hari dari tanggal 25 hingga 29 April 2016. Kegiatan yang dilaksanakan dalam apel Dansat yaitu Pengarahan Pangdam V/Brawijaya, ceramah dan evaluasi pelaksanaan Program Kerja dari para pejabat internal Kodam V/Brawijaya, ceramah pembinaan metal, Permildas (Jaga Satri), diskusi pembinaan satuan, olahraga militer (Garjas A dan B, renang militer, menembak senapan dan pistol.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here