Klinik Bekam Mitra Guna Sehat Wujudkan Keluarga Sehat, Bahagia dan Sejahtera

oleh -829 views
Pemilik Bekam Mitra Guna Bapak R.Erwin Abdillah

BOGOR, Minggu (30 Juli 2017) suaraindonesia-news.com – Secara bahasa bekam adalah teknik terapi pengobatan dengan jalan membuang darah kotor (sel darah yang telah rusak) dari dalam tubuh melalui permukaan kulit dengan sayatan pisau atau jarum steril,hanya saja bekam Mitra Guna Sehat yang dikelola oleh Bapak Erwin Abdillah menggunakan jarum steril.

Perkataan Al Hijamah berasal dari istilah bahasa arab Hijamah yang berarti pelepasan darah kotor. Sedangkan dalam bahasa Inggris disebut dengan cupping, dan dalam bahasa melayu dikenal dengan istilah bekam.

Di Indonesia dikenal pula dengan istilah kop atau cantuk demikian dikatakan pengelola Bekam Mitra Guna Sehat yang Bapak Erwin Abdillah, Minggu (30 Juli). Baca Juga: UKW di Bogor, 5 Orang Dinyatakan Tak Kompeten

Sejarah bekam dimulai pada zaman Rasulullah, ini bisa dibuktikan pada salah satu hadist dari Ibnu Umar, r.a bahwa Rasulullah SAW, bersabda yang artinya:

“Tidaklah aku melalui satu dari langit-langit yang ada melainkan Para Malaikat, mengatakan: “Hai Muhammad, perintahkan umatmu untuk berbekam. Karena sebaik-baik sarana yang kalian pergunakan untuk berobat adalah bekam, al-kist (cendana india) dan syuniz (jintan hitam)” ujarnya.

Ditambahkan suami dari ibu Umi Faridah ini, bahwa Bekam dipercaya dan terbukti mempunyai manfaat dan dapat mengobati berbagai macam penyakit dengan metode pengobatan menggunakan sarana cawan, kop, tabung, atau bambu yang prosesnya diawali dengan melakukan pengekopan ( membuat tekanan negatif dalam cawan, kop, tabung, atau bambu) Dengan melakukan penghisapan atau vakumisasi maka terbentuklah tekanan negatif didalam cawan/ kop.

Sehingga terjadi drainase cairan tubuh berlebih (darah kotor) yang diikuti toksin, menghilangkan perlengketan / adhesi jaringan ikat dan akan mengalirkan darah bersih ke permukaan kulit dan jaringan otot yang mengalami stagnasi serta merangsang sistem syaraf perifer, menimbulkan efek analgetik, anti bengkak, mengusir patogen angin dingin maupun angin lembab, mengeluarkan racun, serta oxidant dalam tubuh.

Pada teknik bekam basah, setelah terjadi bendungan lokal, prosesnya dilanjutkan dengan penusukan jarum bekam agar darah kotor bisa dikeluarkan.

Secara teori manfaat ber Bekam dalam membantu proses penyembuhan dikarenakan dalam berbekam terdapat setidaknya 3 faktor “penyembuh”, yaitu :

1. Pengeluaran darah kotor atau darah yang berpotensi mengandung toksin. Dengan dikeluarkannya toksin dan sel darah yang rusak atau tidak bagus kinerjanya maka tubuh akan lebih segar dan sehat.

2. Perbaikan fungsi organ tubuh. Organ tubuh yang terganggu fungsinya akan disembuhkan dengan cara perbaikan jaringan dan sel yang ada padanya sehingga bisa berfungsi dan sehat kembali.

3. Penambahan antibodi tubuh. Organ tubuh yang terinfeksi kuman penyakit dapat sembuh secara alami karena tubuh memproduksi zat antibodi yang bisa membunuh kuman penyakit yang merugikan. Jika organ tubuh sudah bebas dari infeksi penyakit maka tubuh pun akan sehat lagi.

Dikatakan Erwin diantara beberapa manfaat berbekam adalah dengan sabda Rasulullah SAW yang mengisyaratkan ada 72 macam penyakit yang dapat disembuhkan dengan jalan bekam, diantaranya adalah:

Pusing, Migren, Sakit pinggang, Jantung, Asam lambung, Rematik, Asma, Insomnia / sulit tidur, Kencing manis, Liver, Gatal-gatal, Radang usus besar, Sakit waktu datang bulan / haid, Syaraf kejepit, Ginjal, Tekanan darah tinggi, Tekanan darah rendah, Stroke, Kolesterol, Asam urat, Sinusitis, Ambeien, Mandul, Lemah syahwat, Tumor otak, Virus toxo dan rubella, Kanker payudara, Kejang-kejang, Batuk kronis, Paru-paru, Kanker kelenjar getah bening, Penyakit kronis lainnya.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : Sebaik-baik obat yang kamu gunakan adalah ber bekam, atau: Ber bekam adalah obat yang paling baik bagimu. (Shahih Muslim No.2952).

“Jadi Berbekamlah supaya kita tetap sehat atau konsultasikan penyakit anda di klinik bekam kami Mitra Guna Sehat agar terwujud keluarga yang sehat,bahagia dan sejahtera,” ungkapnya.

Adapun tempat bekam yang sudah berjalan saat ini ada dua lokasi,yang pertama di Simpang Pomat Kota Bogor dan yang kedua di Cimanggu Kota Bogor.

Selain itu kata Erwin, dirinya sudah merencanakan untuk membuka cabang lagi di wilayah Kecamatan Ciomas dan Cibinong, Kabupaten Bogor. (Iran/Iwan).

Tinggalkan Balasan