KH Ach Marzuki Pengisi Pengajian Rutin Tiap Malam Jumat Manis di Kantor Forsa Hebat Lulusan Makkah

oleh -350 views
Foto : KH Ach Marzuki Bakri saat memberikan tausiyah agama setiap malam Jumat manis di kantor Forsa Hebat. Tegas dan serius sepertibsinga Podium tapi tetap ada joke-joke lucu agar tidak bosan dan ngantuk. (Foto: Nor/SI)

SAMPANG, Minggu (30/8/2020) suaraindonesia-news.com – KH Ach Marzuki Bakri, pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Ulum Addiniyyah Assalafiyah Assafi’iyah Desa Prajjan Timur Sungai Kecamatan Camplong Kabupaten Sampang, Madura Jawa Timur, adalah sosok kyai kharismatik yang tinggi ke ilmuan agamanya dan menjadi pengisi siraman rohani pada pengajian rutin setiap malam Jum’at manis di kantor Forum Sampang Hebat (Forsa Hebat).

Sejarah perjalanan menuntut ilmu agamanya dimulai dari Indonesia yaitu Ponpes Miftahul Ulum Banyu Putih Kidul Lumajang dan Ponpes Ya’kub Hamdani Buduran dan dilanjutkan menuntut ilmu agama ke beberapa ulama besar di Makkah.

Di Makkah pertama belajar pada ulama besar Abdul Karim Al-Banjari di dalam Masjidil Haram di Babul Malik Makkah. Terus belajar ke Syeh Muhammad Khoirul Makkiy di tempat Towaf disamping Babul Umroh dan belajar di Madrasah Solatiyah Makkah. Selanjutnya belajar pada Syeh Ahmad Jabir Jubron dan diteruskan belajar pada Sayyid Muhammad Ibnu Alawi Al-Maliki. Terus belajar pada Syeh Muhammad bin Ismail dan terakhir belajar pada Sayyif Hamid Al-Kap.

Pantauan suaraindonesia-news.com, keseharian KH Ach Marzuki sangat akrab dengan masyarakat kecil dan murah senyum serta rendah hati. Namun, disaat berceramah menyampaikan ilmu Allah di atas panggung atau podium, terutama terkait masalah syahnya berwudhu, sholat, dan berdo’a tampak terlihat ketegasannya dan keseriusannya. Sehingga, tampak seperti singa podium. Walaupun, dalam ceramahnya tetap diselingi dengan joke-joke lucu agar yang mendengarkan tidak tegang dan ngantuk.

Tak ayal, dalam setiap mengisi pengajian dengan siraman rohani ceramah agama, para undangan yang hadir dan mendengarkan terlena dan merasa betah. Sehingga, walaupun sudah satu atau dua jam lamanya berceramah, para undangan minta terus dilanjutkan. Hadirin merasa terus haus dan haus untuk terus mendengarkan tausiyah agamanya yang penuh dengan ke ilmuan agama yang tinggi.

Ketua Forsa Hebat Nurhasan melalui Pembina Forsa Hebat Saleh CPM menjelaskan, awal mula bertemu dan kenal dengan KH Ach Marzuki Bakri, dari Koordinator Bidang Keagamaan dan Sosial Forsa Hebat, Ustad Misbahul Munir. Ketika itu, ustad Misbahul mengajak Pembina Saleh CPM dan Pembina Muh. Nora SE, beserta pengurus harian Forsa Hebat, bersilaturrahmi ke Ponpes Darul Ulum Addiniyah Assalafiyah Assafiiyyah Prajjan Camplong, Sampang. Dari situlah awalnya dan berlanjut dengan kesediaan beliau menjadi pengisi tetap di pengajian rutin dan santunan anak yatim setiap malam Jum’at manis dikantor Forum Sampang Hebat (Forsa Hebat).

“Saya berharap siraman rohani ceramah agama yang disampaikan KH Ach Marzuki, benar-benar dimanfaatkan dan diambil ilmunya. Karena ceramah agama yang disampaikan sangat sarat dengan ilmu agama tinggi yang dimiliki oleh para ulama besar. Saya merasa bersyukur dan bangga, karena ulama besar seperti KH Ach Marzuki mau dan bersedia selalu mengisi dan memberikan siraman rohani setiap malam Jumat manis di kantor Forsa Hebat,” tandas Saleh CPM.

Reporter : Nora/War
Editor : Amin
Publisher : Ela

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *