Ketua Panitia UN Kota Ternate: Selain Kekurangan Lembar Soal Ada Siswa Tidak Bisa Ikuti USBN

Para siswa peserta USBN kota Ternate Utara

Reporter: Ipul

TERNATE MALUT, Selasa (16/05/2017) suaraindonesia-news.com – Sebanyak 3.852 siswa SD/MI dan SDLB di Kota Ternate mulai Senin (15/05 ) kemarin hingga tanggal 21 Mei 2017 telah mengikuti Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) Tingkat SD Tahun Pelajaran 2016/2017.

Pelaksanaan USBN Tingkat SD/MI dan SDLB meskipun berjalan aman, tertib dan lancar, namun ada terjadi kendala yang mengganggu pelaksanaan ujian seperti kekurangan naskah soal, halaman soal kurang serta terjadi pula kesalahan pada nomor soal seperti yang terjadi di Gugus 01ternate tenggah dimana ada beberapa lembaran soal ada terjadi kekurangan sehingga para pengawas secepatnya mengambil langkah cepat agar lembaran soal secepat mungkin di sediakan.

Ketua Panitia Ujian Nasional Kota Ternate Azis Tukuboya ketika dikonfirmasi wartawan media ini disela-sela berlangsung USBN di gugus 01 yang bertempat di SDN 39 Salero bahwa dirinya mengakui adanya kendala masalah soal karena adanya laporan dari gugus pelaksana ujian di masing-masing sekolah.

Setelah dilakukan koordinasi dengan pihak provinsi maka ditindak lanjuti dengan melakukan foto copy terhadap naskah soal yang kurang, sehingga dapat memenuhi kekurangan naskah soal maupun halaman soal yang kurang.

Ketika ditanya kekurangan naskah soal ini kesalahan siapa kata Azis Tukuboya ini kesalahan dari percetakan dibawa koordinasi provinsi. Sebab soal USBN merupakan tanggung jawab provinsi karena mulai dari penyusunan soal hingga pencetakan dilakukan oleh provinsi.

”Kami di Kota Ternate hanya menerima soal dalam keadaan tersegel dan tidak bisa dilakukan sortir nanti dibuka pada saat akan berlangsung USBN dan setelah dibagi kepada peserta baru ketahuan terjadi kekurangan dan kesalahan lainnya,” terangnya.

Selain kendala lembar soal ada juga peserta ujian yang tidak bisa mengikuti ujian seperti yang terjadi di Gugus II yang bertempat di SDN 44 kota ternate yang merupakan sekolah induk dari Gugus II,ada salah satu siswa peserta ujian yang tidak bisa mengikuti ujian dikarenakan sakit dan masih dirawat dirumah sakit pasca kecelakaan sehingga siswa tersebut tidak bisa mengikuti ujian akan tetapi akan diberikan ujian susulan.

Hal ini diperkuat dengan penjelasan Ibu Laila Lahamani Spd selaku ketua gugus II mengatakan bahwa dari 180 jumlah peserta hanya satu siswa yang bernama M irsan Samsu asal sekolah dari SD islamiayah VI yang sementara mendapat perawatan di RSU pasca kecelakaan yang terjadi beberapa waktu kemarin akan tetapi siswa tersebut akan di ikut sertakan pada ujian susulan.

Untuk Kota Ternate peserta yang ikut USBN tercatat sesuai daftar delapan tiga lima lima terdiri dari SD 3.212, Madrasah Ibtidaiyah (MI) 351 siswa dan SDLB 19 siswa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here