Ketua Komisi III DPRD Sumenep: Sebelum Melayani Pelayaran, KM DBS III Akan Diuji Coba

KM Dharma Bahari Sumekar III

SUMENEP, Minggu (2/9/2018) suaraindonesia-news.com – Ketua Komisi III DPRD Sumenep, H. Dulsiam mengatakan, KM Dharma Bahari Sumekar III sebelum melayani pelayaran akan dilakukan uji coba di perairan Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, setelah serah terima pada tanggal 30 Oktober 2018 mendatang.

“Uji coba akan dilakukan tanggal 31 Oktober 2018, untuk mengetahui secara langsung kualitas kapal dalam melintasi perairan Pulau Madura dan Jawa,” katanya, Minggu (2/8/2018).

Menurut Sekretaris DPC PKB Sumenep itu, dengan dilakukannya uji coba nanti, kelayakan kapal KM DBS III bisa diketahui layak tidaknya di operasikan di perairan Pulau Madura dan Jawa.

“Dari hasil uji coba nanti akan kita ketahui kapal ini layak atau tidak di operasikan, jika layak kita lanjut jika tidak ia tidak kita lanjutkan,” terangnya.

Ketua Komisi III DPRD Sumenep, H. Dulsiam, S. Ag. M. Pd

Lanjut Dulsiam, dalam uji coba nanti akan melibatkan Forpimda (Forum Pimpinan Daerah) Kabupaten Sumenep.

Diketahui, pembuatan KM DBS III ini menghabiskan Dana sebesar 39 milyar dari APBD Kabupaten Sumenep. Kapal ini memiliki banyak kelebihan seperti tahan ombak yang selama ini menjadi kendala setiap tahun.

Sebelumya, Kepala Dinas Perhubungan Sumenep, Sustono, meyebutkan, KM DBS III dirancang khusus agar tahan ombak, mengingat pelayaran ke kepulauan Sumenep kerapkali terhadang oleh ombak.

Baca Juga: Kapolres Bogor: Tidak Benar Polisi Mukul Wartawan 

“Kapal ini berkapasitas 300 orang penumpang, 6 mobil, 75 kendaraan bermotor dan muatan 75 ton, dengan kecepatan sekitar 15-20 knot per jam,” beber mantan Kadisnakertrans ini.

Keistewaan kapal ini, sebagian besar tempat penumpang terdiri dari kursi yang otomatis bisa difungsikan sebagai tempat tidur. Karena perjalanan pelayaran di Sumenep lama, penumpang bisa memanfaatkan dengan duduk dan tidur.

“Semua ruang penumpang kapal dilengkapi AC. Insyaallah nyaman dan bisa menikmati pelayaran ini,” pungkasnya.

Sebelumnya, Kapal baru milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep ini resmi dilaunching di Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur, Selasa, (14/08/2018), pukul 10.00 wib.

Dalam acara peluncuran (launching) tersebut dihadiri langsung oleh wakil bupati Sumenep, Achmad Fauzi, Anggota komisi V DPR RI Ir. H. Bambang Harjo S, Kajari Sumenep, Panca wahyudi Hariadi, SH. MH, Direktur utama PT. Adiluhung Saranasegara indonesia, Ketua Komisi III DPRD Sumenep, H. Dulsiam, S. Ag. M. Pd, Pimpinan OPD Sumenep, dan kepala kantor utama tanjung perak Surabaya.

Reporter : Zain
Editor : Amin
Publisher : Imam


Warning: A non-numeric value encountered in /home/suaraindonesia/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here