Kerjasama IPB University dan Bappeda Kabupaten Tangerang, Hasilkan Panen Kacang Ungu

oleh -99 views
Saat panen kacang ungu

TANGERANG, Rabu (18/11/2020) suaraindonesia-news.com – Hasil kerjasama IPB University dan Bappeda Kabupaten Tangerang, Desa Ketapang panen Kacang Panjang Ungu.

Panen yang dilaksanakan pada Hari Selasa (17/11), dihadiri oleh Sekretaris Camat Kecamatan (Sekcam) Mauk Kholid Mawardi, Kepala Desa Ketapang A. Nasuhi juga perwakilan dari Bappeda Kabupaten Tangerang Nabawi.

Kacang panjang ungu ini merupakan varietas yang dikembangkan oleh IPB University agar memperkaya keanekaragaman hayati yang ada di Kabupaten Tangerang.

“Pak Sekcam Kholid Mawardi dan Pak Nabawi melaksanakan Ceremonial panen kacang panjang sekaligus memperkenalkan kepada masyarakat bahwa di Kabupaten Tangerang sedang mengembangkan kacang panjang ungu tersebut,” demikian disampaikan Dosen Departemen Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan IPB University yaitu Rizal Bahtiar, S.Pi,M.Si kepada media.

Menurutnya, Kabupaten Tangerang yang identik dengan warna ungu ini juga sedang memperkaya keanekaragaman hayatinya dengan cabe ungu dan kacang panjang ungu.

“Kacang panjang ungu dan cabe ungu nantinya diharapkan menjadi icon dari Kabupaten Tangerang. Saat ini masyarakat sekitar masih belum terlalu familiar dengan kacang panjang ungu tersebut, dan melihatnya sebagai sayur yang sedikit aneh, oleh karena itu perlu dilakukan pengenalan kepada masyarakat melalui program-program PKK agar varietas ini dapat dikenal dan diterima oleh masyarakat,” tambahnya.

Kegiatan pengembangan keanekaragaman hayati tersebut merupakan bagian dari pilot project kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh Dosen Departemen Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan IPB University yaitu Rizal Bahtiar, S.Pi,M.Si dengan Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Kabupaten Tangerang. Selain pengembangan keanekaragaman hayati, ada juga kegiatan pembentukan bank sampah di Desa tersebut.

Reporter : Iran G Hasibuan
Editor : Amin
Publisher : Ela

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *