Kepsek di Abdya Main Proyek, Kadisdikbud: Itu Tidak Masalah

oleh
Proyek bangunan rehap sekolah SD yang sedang dikerjakan oleh kepsek secara swakelola di Abdya tahun 2019.

ABDYA, Kamis (31/10/2019) suaraindonesia-news.com – Sejumlah kepala sekolah tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) dalam Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) diduga terlalu sibuk bermain proyek Swakelola.

Proyek yang dikelola seperti pengadaan barang dan jasa atau bangunan rehap yang bersumber dari dana Anggaran Pendapatan Belanja Negera (APBN) tahun anggaran 2019.

Ironisnya, penambahan beban kerjanya tersebut dikhawatirkan akan menjadi momok bagi pendidikan dan akan menjadi pemicu anjloknya mutu pendidikan lantaran sudah disibukkan dengan proyek yang ditangani.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Abdya Jauhari, S.Pd mengaku penunjukan kepala sekolah dalam mengelola pembangunan rahap disekolah sudah sesuai dengan petunjuk teknis (juknis).

“Tidak masalah, itu sudah benar. Dia yang mengetahui seperti apa bangunan yang diinginkan oleh sekolah. Jika nanti ada masalah, kepala sekolah langsung yang bertanggung jawab,dan pihak dinas hannya pengawasan saja,” kata Jauhari. Kamis (31/10).

Kata dia,  jika ada yang mengatakan kepala sekolah sudah bermain proyek itu hanyalah pernyataan orang  wajar lah . lanjutnya, jika proyek yang bersifat tender, atau penunjukan langsung (PL) dan sebagainya itu baru tidak boleh dan itu wilayahnya kontraktor.

Dikesempatan itu, Jauhari tidak mengungkapkan secara pasti Jeknis apa yang bisa menghalalkan terkait pengelolaan proyek disekolah.

“Kalau swakelola wajib dikelola oleh kepala sekolah, disubkan kepada arang lain saja tidak boleh, harus pihak sekolah yang mengerjakan, karena nanti dia nya yang bertanggung jawab semua,” tutur Jauhari.

Sementara itu anggota DPRK Abdya Yulizar mengatakan, bahwa jika tidak terbentur dengan undang-undang tidak dipersoalkan. Namun katanya, ia merasa tugas Kepsek sebagai tenaga pedidik akan berpengaruh kepada mutu pendidikan.

“Dalam hal ini siapa yang bisa memastikan bahwa oknum Kepsek benar-benar faham terkait tugas tambahanya itu, dan Ikhwal ini  kita akan terus berkoordinasi,” ujarnya politisi partai Gerindra.

Reporter : Nazli
Editor : Amin
Publisher : Marisa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *