Kenali Stunting Sejak Dini Melalui EDOS

oleh -205 views
Kegiatan pengabdian masyarakat di Posyandu Manggis 15 A Desa Kemuning Lor, Kec. Arjasa Jember. (Foto: Andri Permana W. untuk Suara Indonesia)

JEMBER, Rabu (10/11/2021) suaraindonesia-news.com – Stunting merupakan sebuah masalah gizi kronis yang disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dalam waktu yang cukup lama sehingga dapat menimbulkan  keadaan tubuh yang  pendek, dan bahkan sangat pendek.

Sekelompok dosen dari Politeknik Negeri Jember di antaranya Indah Muflihatin,S.Si.T., M.Kes, Andri Permana W, S.ST., M.T dan Demiawan Rachmatta P.M., S.ST., M.Kes berhasil membuat inovasi berupa aplikasi berbasis android yang dirancang dan dibuat untuk mendeteksi masalah stunting pada anak usia 0-60 bulan baik anak laki-laki ataupun perempuan. Aplikasi tersebut diberi nama EDOS (Early Detection Of Stunting).

Andri Permana mengatakan, aplikasi ini dibuat untuk mempermudah kader posyandu untuk mendeteksi sedari dini kasus stunting pada anak.

“Penilaian stunting  dapat dilakukan secara mudah dengan menggunakan Aplikasi EDOS. Aplikasi ini dapat mempermudah kader dalam melakukan tugasnya di Posyandu,” ungkap Andri, Rabu (10/11/2021).

Andri menambahkan, inovasi aplikasi EDOS ini merupakan bentuk dari Tridharma Perguruan Tinggi yang diadakan secara rutin tiap tahun oleh P3M Politeknik Negeri Jember.

“Tujuan utamanya untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para kader posyandu,” sambungnya.

Adapun metode yang digunakan dalam Program Pengabdian Masyarakat ini yaitu melalui studi pustaka, survey lapangan langsung, kegiatan penyuluhan tentang status gizi, pelatihan pengukuran antropometri, dan sosialisasi aplikasi EDOS. Evaluasi dari kegiatan ini yaitu akan terus melakukan pengembangan Aplikasi EDOS sesuai dengan kebutuhan dari pengguna khususnya ibu kader.

 

Reporter : Guntur Rahmatullah
Editor : Redaksi
Publisher : Syaiful

Tinggalkan Balasan