Kembangkan Sektor Pertanian, Bupati Abdya Mengajar Disekolah Kejuruan

oleh -68 views
Bupati Abdya Akmal Ibrahim, SH didamping para kepsek dan siswa saat memperlihatkan bahan dan cara membuat pupuk kompos.

ABDYA, Kamis (11/3/2021) sauaraindonesia-news.com – Mantapkan pengembangan disektor pertanian, Bupati Abdya Akmal Ibrahim, SH mengajar di Sekolah Kenengah Kejuruan SMKN 5 di Gampong (Desa) Alue Penawa, Kec. Babahrot.

Diketahui, program Bupati mengajar disekolah ini merupakan implementasi intruksi Presiden RI nomor 9 tahun 2016 tentang revitalisasi SMK untuk pengembangan SMK Unggul sesuai dengan pontensi wilayahnya masing-masing. Rabu (10/3/2021).

Bupati Abdya Akmal Ibrahim,SH dalam proses mengajar tersebut memberikan materi cara pengolahan pupuk kompos kepada siswa dan siswi, namun dirinya juga menjelaskan terkait dengan berbagai alat dan bahan-bahan organik yang akan digunakan hingga nanti menghasilkan pupuk non organik, seperti, air kelapa muda, air garam, akar bambu, pangkal pisang, daun jarak, dan lain sebagainya.

“Ini adalah bahan yang akan kita jadikan pupuk dan juga untuk merangsang pertumbuhan akar dan buah,” sebutnya.

Mantan jurnalis senior Akmal, berharap agar siswa dan siswi SMK supaya dapat mengembangkan skill dan ilmu keahlian dikemudian hari nanti.

“Jangan setelah tamat sekolah, atau selesai kuliah jadi pengangguran, akan tetapi ciptakanlah sebuah inovasi dan lapangan kerja dengan kemampuan kita yang ada,” pintanya.

Sementara itu kepala SMK 5 Abdya Irma Suryani mangatakan, akan menjadikan SMK ini sebagai yang sudah terdaftar di Kementrian nantinya dan mengharapkan dengan program dibidang pertanian untuk menghasilkan varietas – varietas dan bibit unggul oleh sebab itu kita kembangkan seperti kacang kedele jepang.

“Kacang kedele Jepang ini memang berasal dari sana dan kita sudah panen dua kali,” katanya.

Menurutnya, penunjukan SMKN 5  Abdya sebagai Sekolah percontohan karena disini yang mempunyai program studi agribisnis dan holtikutura jurusan pertanian.

“Selain mandiri nantinya mereka akan berwirausaha yang handal dibidang pertanian,” ujar kepsek Irma.

Sebelumnya kata dia, program ini sendiri berdiri sejak 2008 dan akan menargetkan sekolah ini unggul dibidang pertanian.

“SMK yang ada jurusan bidang pertanian hanya SMK 5 yang lain tidak ada, Jadi intinya ketika mereka sudah lulus maka akan menjadikan alumni yang handal,” tukasnya.

Reporter : Nazli
Editor : Redaksi
Publisher : Syaiful

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *