Kejari Gelar Sosialisasi Peran Serta Fungsi JPN Bagi BUMN/BUMD di Abdya

oleh -82 views
Sosialisasi peranan jaksa pengacara negeri (JPN)dengan  Badan usaha milik negara dan Badan usaha milik daerah diaula kejaksaan setempat.

ACEH-ABDYA, Selasa (27/11/2018) suaraindonesia-news.com — Kejaksaan Negeri Aceh Barat Daya (Abdya) menggelar sosialisasi Peranan jaksa pengacara negeri kepada Badan Usaha milik negara(BUMN) dan Badan usaha milik daerah(BUMD) diaula kejaksaan setempat.

Kepala Kejaksaan Negeri Abdya, Abdur Kadir, S.H,.M.H. didampingi kasi datun Handri, SH mengatakan, sosialisasi ini dilaksanakan guna menciptakan sinergitas dan saling membantu serta menguatkan satu sama lain supaya pelaksanaan dari tugas dan funsi  dan kewenangan kejaksaan dibidang perdata dan tatausaha negara sebagaimana diamanatkan dalam undang-undang nomor 16 tahun 2004 tentang kejaksaan republik indonesia, khusus pasal 30 ayat 2.

“Bidang perdata dan tatausaha negara,kejaksaan dengan kuasa khusus dapat bertindak baik dalam maupun luar pengadilan untuk dan atas nama negara dan pemerintah,” ujar kajari.

Lanjut kajari, lingkup bidang perdata dan tatausaha negara yang dimaksud adalah meliputi penegakan hukum, bantuan hukum dan pertimbangan hukum, tindakan hukum lain kepada negara atau pemerintah, meliputi lembaga/badan negara /intasi pemerintah pusat dan daerah, BUMN/BUMD untuk menyelamatkan memulihkan kekayaan negara, menegakan kewibaan negara dan pemerintah serta memberikan pelayanan hukum kepada masyarakat.

”Jika ada kredit macet itu kan uang negara juga, kita siap mendampingi pihak bank,” sebut Kajari.

Kemudian, JPN juga dapat memberikan pendapat hukum dalam menangani berbagai persoalan dengan hukom dibidang perdata dan tatausaha negara,dengan adanya kerjasama tersebut JPN juga dapat membantu dalam penyuluhan atau pelayanan dimasalah hukum kepada masyarakat dengan bentuk sosialisai dan sebagainya.tutur kajari Abdya.

Sementara itu, pemimpin Bank Aceh Syaria’ah Cabang Blangpidie Junaidi Ramli mengatakan, dengan dilaksanakan sosialisasi ini  menurutnya sangat baik, sehingga nantinya bila ada kasus bisa beriringan dengan pihak kejaksaan negeri (JPN) Abdya, apa lagi kita sudah ada MOU nya dari pusat tentu  yang didaerah tinggal melanjukan.

“Jika ada kasus kan bisa beriringan nantinya,” singkat Junaidi.

Pantauan awak media Acara itu turut hadir, pemimpin Bank Aceh Syahri’at, Cabang Blangpidie Junaidi Ramli, BRI, BNI Syaria’ah, telkomsel dan PDAM Gunung Kila serta undangan lainnya.

Reporter : Nazli Md
Editor : Agira
Publisher : Imam

Tinggalkan Balasan