Kejari Abdya Siap Tahan Dua Tersangka Korupsi DD Blang Makmur

oleh -61 views
Kasi pidsus Riki Guswandri, SH saat menerima dua tersangka  korupsi dana desa (DD) Blang Makmur Mantan Kades  MA (48) dan mantan Bendahara RY (48) yang didampingi pengecara hukumnya.

ABDYA, Senin (4/5/2020) suaraindonesia-news.com – Dua tersangka korupsi Dana Desa (DD) Blang Makmur, Kecamatan Kuala Batee, Aceh Barat Daya (Abdya), yakni Mantan Kades  MA (48) dan Bendahara RY (48) siap ditahan.

Kajari Abdya Nilawati, SH, MH melalui kasi pidsus Riki Guswandri, SH kepada media ini mengatakan, Penahanan dilakukan terhadap dua tersangka tersebut MA (48) dan RY (48) hari ini. Senin (4/5) siang, setelah penyidik Unit Tipidkor Polres Abdya menyerahkan kedua tersangka ke JPU usai berkas perkara dinyatakan lengkap (P21).

Selanjutnya, penahanan kedua tersangka dititipkan di lapas kelas III blangpidie di Gampong Alue Dama, Kecamatan Setia, selama 20 hari kedepan dan jaksa penuntut umum (JPU) akan melimpahkan tersangka secepatnya ke PN Tipikor Banda Aceh.

Diketahui berdasar kumpulan beberapa barang bukti oleh pihak penyidik satreskrim Polres Abdya diantaranya dokumen RKPG, APBG tahun 2018 dan bukti pertanggung jawaban serta surat perintah pencairan dana dari pihak Kabupaten, kemudian telah periksa 15 saksi dengan dua ahli dan surat P-21 dari Kejaksaan Negeri Abdya.

“Setelah dinyatakan lengkap berkas perkara dan barang bukti yang disesuaikan hasil Audit oleh Inspetorat Kabupaten Abdya, menimbulkan kerugian Negara yaitu Rp, 445.635.500,- (empat ratus empat puluh lima juta enam ratus tiga puluh lima ribu lima ratus rupiah) maka tersangka akan kita serahkan ke Kejaksaan Negeri Abdya untuk mendapatkan status hukum,” tutur Erjan.

Reporter : Nazli
Editor : Amin
Publisher : Ela

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *