Kejari Abdya Akan Gelar Sidang Gunakan Video Conference

oleh -50 views
Kejari Abdya Akan Gelar Sidang Gunakan Video Conference.

ABDYA, Senin (30/3/2020) suaraindonesia-news.com – Kejaksaan Negeri (Kejari) Aceh Barat Daya (Abdya) akan menggelar sidang menggunakan video conference (Vicon). Sidang melalui sarana daring (Online) dengan cara tripartit dalam rangka upaya mencegah penyebaran Virus Corona (Covid-19) direncanakan pada Selasa 7 April 2020 mendatang.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Abdya, Nilawati SH, MH menyebutkan, pihaknya dalam pandemi Covid-19 tersebut tetap melaksanakan tugas tugas penuntutan.

“Maka kita bekerja sama dengan Polres, Pengadilan Negeri, Makamah Syar’iyah dan lapas Blangpidie melaksanakan sidang perkara pidana umum secara daring dengan  tripartit,” kata Kajari Nilawati.

Nilawati mengungkapkan, sidang daring tersebut secara tripartit yaitu dengan menghadirkan terdakwa di ruang khusus di dalam rutan dengan didampingi oleh petugas tahanan, sedangkan JPU (Jaksa Penuntut Umum) dan Hakim tetap berada di kantor masing-masing.

“JPU dan Hakim berada di ruang khusus yang telah disediakan untuk melakukan sidang secara daring, Insya Allah akan dilaksanakan pada hari Selasa 7 April 2020,” ujar Nilawati.

Nilawati, menambahkan, dengan menggelar sidang melalui Vicon, semua pekerjaan penegak hukum dapat tuntas. Tidak terpengaruh ancaman pademi Covid-19.

“Dalam hal ini kita menindaklanjuti perintah pimpinan dari Jaksa Agung RI, Burhanudin untuk melaksanakan sidang dengan menggunkan Teknologi Informasi. Kita upayakan dengan mengadakan rapat berkoordinasi penanganan perkara yang kita laksanakan melalui Video conference,” ucap Kajari.

Selanjutnya, sebut Kajari, pihaknya telah melakukan ujicoba masing-masing tempat baik itu di kepolisian, pengadilan negeri, makamah syar’iyah dan lapas.

“Insya Allah sudah terkoneksi dengan baik untuk kedepan akan melaksanakan persidangan dengan cara baru melalui Video conference,” katanya.

Pada kesempatan itu, Kajari mengajak, semua untuk meyepakati bersama demi kelecaran persidangan dan demi mendapatkan kepastian hukum kepada terdakwa atau terpidana untuk kedepan baik itu tahap dua tersangka dan barang bukti persidangannya sudah bisa dilaksanakan.

Pantauan awak media, rapat koodinasi persidangan Video conference dipimpin langsung oleh Kajari Abdya Nilawati, yang dihadiri wakapolres,ketua pengadilan negeri, makamah syar’iyah, kepala lapas kelas III blangpidie, kasi pidsus, kasi pidum, kasi datun, dan para jaksa dikejari setempat.

Reporter : Nazli
Editor : Amin
Publisher : Ela

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *