Kehadiran Plt Gubernur Aceh ke PT Medco Dinilai Menambah Luka Baru Masyarakat Lingkar Tambang

oleh -292 views
Darwin Eng , Aktivis dan Pegiat Sosial Aceh.

ACEH TIMUR, Selasa (24/12/2019) suaraindonesia-news.com Kehadiran – Pelaksana Tugas Gubernur Aceh Ir Nova Iriansyah ke lokasi CPP (central prosesing plan ) Medco E&P Malaka Senin (23/12), menuai kritikan dan kecaman dari Aktivis dan masyarakat. Kehadiran Gubernur Aceh dinilai bukan membawa solusi tapi menumbuhkan luka baru di hati masyarakat Lingkar Tambang.

Hal itu disampaikan aktivis dan pegiat sosial Aceh Darwin Eng kepada media, menurutnya, kehadiran Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah dinilai seolah-olah di politisir oleh pihak perusahaan migas yang beroperasi di Indra makmu sejak tahun 2012 tersebut,

“Banyak kecaman dari masyarakat Lingkar Tambang atas kehadiran Plt karena tak bermanfaat bagi masyarakat Lingkar dan terkesan lebih berpihak kepada perusahaan,” ujar nya.

Seharus nya kehadiran orang berkuasa nomor satu di Aceh dapat memberikan solusi dan obat bagi masyrakat bukan menambah luka baru.

Menurutnya, masyarakat dapat menilai kehadiran Plt seolah-olah menjadikan perusahaan tersebut sudah beres dengan masalah di Lingkar Tambang apalagi belakangan ini perusahaan tersebut mendapat penghargaan PADMA dari Pemerintah Aceh.

“Perusahaan jangan membenturkan kenyataan degan pecitraan yang mereka bangga-banggakan kan selama ini, banyak masyarakat mengharapkan Plt juga mengunjungi masyarakat untuk berdiskusi dan Plt bisa melihat langsung kondisi lingkar tambang yg sangat miris, bukan malah menipu PLT dengan menampilkan semua pencitraan mereka,” kecam Darwin.

“Jalan kami hancur lebur, kenapa Plt tidak dibawa melalui jalan lintas Kecamatan, Pengangguran dan kemiskinan di mana-mana, kenapa Plt tidak sekalian turun melihat kondisi kami di Lingkar Tambang,” imbuh putra Indra Makmu itu.

Padahal kata dia, masyarakat Lingkar Tambang sangat mengharapkan ada pemerintah yang turun langsung ke masyarakat bukan hanya mendengar dan melihat realita yang di tampilkan oleh perusahaan count dracula Aceh tersebut.

“Saya mengharapkan kehadiran Plt dapat merubah keadaan Lingkar Tambang saat ini yang berbanding terbalik dari dulu sebelum PT. Medco hadir di lingkar tambang,” ujar Darwin.

Darwin Menambahkan pihaknya berharap pihak perusahaan jangan menjadi count dracula yang cuma menghisap hasil lingkar tambang,
tapi mereka juga dapat menghadirkan kebahagiaan pada masyarakat, mengurangi kemiskinan dan pengangguran bukan sebaliknya menjadi petaka bagi masyarakat.

“Kalau memang kondisi Lingkar Tambang lebih parah, lebih baik perusahaan angkat kaki dari Indra Makmu, jangan malah bercita cita mau menjadi Arun jilid 2,” tutup Darwin.

Sementara saat Media mencoba meminta tanggapan melalui Humas PT Medco Hasballah, sampai berita ini di turunkan belum mendapatkan tanggapan terkait kecaman dan kritikan aktivis sosial atas kehadiran Plt ke PT. Medco kemarin. Begitu juga hal nya dengan Plt Gubernur Aceh belum dapat di konfirmasi.

Reporter : Masri
Editor : Amin
Publisher : Oca