Kedinginan, 9 Pendaki Asal Jombang Di Evakuasi Dari Puncak Panderman

Suasana saat proses Evakuasi

Reporter : Adi Wiyono

Kota Batu, Suara Indonesia-News.Com – Sebanyak 9 orang pendaki asal Jombang, Minggu (3/1/2016) dini hari   di Evakuasi dari gunung Butak anak dari Gunung Panderman, pasalnya  satu orang  mengalami luka, kakinya  terkilir  dan harus dilarikan ke Rumah sakit Hasta Brata Kota Batu, sementara 8 orang lainnya  di evakuasi ke Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kota Batu lantaran kedinginan dan kondisi bandannya melemah

Evakuasi yang dilakukan oleh BPBD kota Batu, PMI Kota Batu, Senkom kota Batu dan warga pesanggrahan dan songgokerto  membutuhkan  waktu  evakuasi sekitar 10 jam, lantaran   cuaca di Puncak Panderman pada malam itu cuaca  tak bersahabat, hujan deras,   kondisi jalan yang terjal,  jalan setapak, serta hujan deras membuat tim evakuasi kesulitan. Hingga akhirnya baru berhasil Minggu Pagi (3/1/2016).

Menurut Abdul Rochim Kasi penanggulangan Bencan, Pusdalops BPBD Kota Batu saat ditemui, Minggu (3/1/2016) Mengatakan terjadi  kecelakaan pendakian di Gunung Butak Kota Batu pada tanggal 2 Januari 2016. Dimana satu pendaki atas nama Ayu Febiani asal jombang  kakinya terkilir dan ia tidak mampu jalan, sementara teman-teman lainnya tidak mampu mengevakuasi karena seluruh pendaki dalam keadaan loyo dan kedinginan.

Lanjut Abdul rochim, Kronologis kejadian rombongan berjumlah 9 org berangkat hari Rabu tgl 30 Desember 2015 jam 12.00 WIB dari Jombang sampai Kota Batu Pukul 15.00 WIB dan langsung beristirahat di Pos Pendakian di Desa Songgokerto Kota Batu. Kemudian  Tanggal 31 Desember 2015 pagi rombongan berangkat ke Puncak gunung panderman.

Sebilan orang pendaki itu adalah  1. Weweng Berlian, 2. Angga Aditya Putra 3. Angga Moonsura 4. Ahmad Siroju Zainil Umam 5. Dinda karunia restu 6. Afifatus Safa’atin 7. Tri Ratno Ningtyas 8. Dwi Ayu Febiyanti, 9. Mohamad Chafid Ragil S

“Setelah  di puncak gunung, mereka  langsung mendirikan camp untuk menginap. Baru tanggal 2 Januari 2016 rombongan pendaki dari jombang turun dan 1 Orang mengalami Kaki Terkilir atas nama . Dwi Ayu Febiani  dan 8 org lainnya dalam kondisi kecapekan dan kedinginan” kata Abdul Rochim.

Kata dia, BPBD Kota Batu menerima laporan sekitar pukul 18.00 WIB dan langsung bersama sama PMI Kota Batu, Senkom Kota Batu di bantu oleh warga desa Songgokerto melakukan Evakuasi dari atas Gunung Butak. Pukul 03.00 dinihari tanggal 3 Januari 2016 semua pendaki sejumlah  9 orang dapat di evakuasi dengan selamat , 8 orang beristirahat di BPBD Kota Batu dan 1 org di rawat di RS Hasta Brata.

Sementara Muhammad Chafid (18)   satu diantara sebilan pendaki itu, mengatakan  bahwa rekan-rekannya dalam kondisi selamat, meski harus dievakuasi dan satu orang  kakinya terkilir.

“Sekarang  kondisinya sudah baik dan sehat-sehat aja, hal itu karena kecapean, dan saya  sendiri bersama-sama rekan tidak tahu medan puncak panderman, akhirnya ya seperti ini” Kata pelajar  SMK PGRI 2 Jombang kepada suara Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here