KECIL NILAINYA BESAR MANFAATNYA

oleh -45 views

Banyuwangi, Suara Indonesia-News.Com – Setelah menunggu beberapa minggu tanpa ada kepastian, Sumaidah, janda almarhum KARJIYAT sekarang menjadi lega dengan adanya keputusan bersama yang selama ini menuntut hak santunan atas nama suaminya yang sudah meninggal 5 bulan lalu tepatnya meninggal tanggal 16 Januari 2014

Menurut penuturan kepada wartawan Suara Indonesia yang juga kebetulan selaku aktivis yang bernaung di salah satu Ormas sebagai pendamping dalam penyelesaian masalah santunan almarhum karjiyat.

Sesuai dengan undang – undang yang berlaku mustofa selaku yang mendampingi perkaranya melakukan somasi kepada pihak perusahaan pengelola tambak udang yakni PT. Segoro Makmur yang berlokasi di Desa Alasrejo Kecamatan Wongsorejo Kabupaten Banyuwangi, tempat almarhum Karjiyat bekerja selama             15 tahun di perusahaan tersebut.

Setelah dilakukan somasi, perusahaan tidak ada tanggapan. Setelah somasi kedua yang dialamatkan kepada Dinas Sosial Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Kabupaten Banyuwangi memohon untuk memediasi permasalahan penyelesaian santunan yang menjadi hak pekerja.

Kemudian dari Dinas Sosial Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Kabupaten Banyuwangi melakukan pertemuan Bi-Partit yang dilakukan pada tanggal 28 Mei 2014, dihadiri para pihak.

Setelah melakukan perdebatan sengit antara perusahaan dan pekerja didampingi oleh para pihak akhirnya menyelesaikan keputusan bersama bahwa perusahaan memberi santunan kepada Almarhum Karjiyat walaupun keputusan tersebut bagi pihak yang mendampingi merasa sedikit kecewa, namun demikian menurut mustofa, yang mendampingi perkara tersebut, keputusan tersebut kecil nilainya tapi besar manfaatnya bagi pekerja yang selama ini mendambakan kepedulian dari perusahaan yang menyangkut hak – hak sebagai pekerja.

Kemudian mustofa sebagai aktivis memberikan apresiasi kepada Dinas Sosial Tenaga Kerja Dan Transmigrasi khususnya Kabupaten Banyuwangi yang selalu cepat dan tanggap melakukan mediasi kepada permasalahan yang berkaitan dengan perselisihan buruh dan perusahaan, tegasnya diucapkan disela – sela memberikan nasehat kepada Sumaidah yang harus menerima dengan hasil keputusan tersebut. (Must).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *