Kasus DBD Capai 43 orang, Dinkes Pamekasan Fogging Seluruh Kantor OPD

oleh -131 Dilihat
Pelaksanaan Fugging dilaksanakan secara serentak.

PAMEKASAN, Jumat (21/01/2022) suaraindonesia-news.com – Kasus demam berdarah dengue (DBD) yang mencapai 43 orang, membuat Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, melakukan Fogging seluruh area kantor OPD. Jumat (21/01/2022).

Pelaksanaan Fogging yang dilakukan secara serentak tersebut, dipantau langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan, dr. Syaifuddin.

“Hasil data laporan dari sejumlah puskesmas wilayah Pamekasan, kasus DBD di Pamekasan mencapai 43 orang dan 3 diantaranya meninggal dunia. Sehingga dari itu hari ini kita melaksanakan Intruksi bapak bupati untuk melaksanakan Fogging serentak di seluruh area kantor OPD,” kata dr. Syaifuddin.

Pihaknya melakukan Fogging secara serentak tujuannya untuk antisipasi adanya kasus DBD di lingkungan pemerintah kabupaten.

“Kita tau intensitas hujan mulai tinggi, sehingga genangan air mulai banyak, kita awali Fogging sekaligus mengedukasi masyarakat untuk elminasi, membunuh jentik – jentik termasuk nyamuknya untuk mengurangi penyebab DBD,” terangnya.

dr. Syaifuddin juga mengatakan, selanjutnya Fogging ini juga akan dilakukan di pedesaan. Namun kali ini diawali di area kantor OPD.

“Nanti, setiap Puskesmas akan mendata jikalau ada kasus DBD, maka akan dilakukan survei. Kalau sudah ada masyarakat yang terserang panas dan gejalanya mengarah ke DBD, maka kita akan melakukan fogging di lokasi tempat tinggal warga tersebut,” imbuhnya.

dr. Syaifudfin menambahkan, nyamuk aedes aegypti yang menimbulkan DBD tersebut kemampuan terbang hingga 200 meter. Sehingga sumber atau sarang nyamuk tersebut akan dilakukan Fogging dengan jarak 200 meter untuk memutus penularannya terhadap warga yang lain.

Reporter : My
Editor : Redaksi
Publisher : Syaiful

Tinggalkan Balasan