Karya Inovasi, Pelayanan Pendaftaran Online ARM di RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep

Bupati Sumenep A Busyro Karim saat peresmian mesin ARM

Reporter : Reno

Sumenep, Suara Indonesia-News.Com – Sebagai upaya memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh masyarakat lebih khusus Masyarakat Kabupaten Sumenep, RSUD dr. H. Moh. Anwar Kab. Sumenep  terus  melakukan inovasi terhadap pelayanan yang diberikan.

Wujud nyata inovasi awal tahun 2016 ini dilakukan dengan meningkatkan respon time pendaftaran dihadirkan sebuah perangkat anjungan yang memungkinkan calon pasien melakukan pendaftaran secara mandiri menggunakan Anjungan Register Mandiri (ARM).

Bahkan, dalam pelaksanaan pelayanan inovasi yang baru dilaksanakan awal tahun ini, mendapat respon Wakil Bupati Sumenep, Achmad Fauzi. Menurutnya, model pendaftaran online ini memang bagus dan diharapkan bisa berjalan dengan baik.

“pelayanannya seperti yang ada di bandara, tetapi harus terus disosialisasikan kepada masyarakat sehingga pelaksanaannya sesuai harapan.”ungkapnya kepada wartawan, Jum’at (04/03).

Dikatakan, model pendaftaran online tersebut memang bisa dikatakan sebuah inovasi yang mungkin di Madura baru ada di Sumenep. Namun, Wabup Sumenep ini juga berharap RSUD harus melakukan singkronisasi dengan BPJS misalnya, agar tidak ada kendala dalam pendaftrannya.

Sementara Direktur RSUD dr.H. Moh. Anwar Sumenep, dr. H. Fitril Akbar, M.Kes mengungkapkan pendaftaran online dilakukan seiring perkembangan tehnologi agar lebih mempermudah calon pasien rumah sakit, karena prosesnya lebih cepat.

“kami juga menyediakan petugas untuk mendampingi calon pasien yang belum tahu mengguakan fasilitas pendaftaran online tersebut.”jelasnya.

Ditambahkan Fitril, jika pada tahap awal, ARM melayani Pasien Rawat Jalan dengan penjaminan dan tidak menutup kemungkinan akan melayani pasien umum nantinya. Mesin ARM  atau mesin pendaftaran otomatis untuk pasien rawat jalan ini adalah merupakan salah satu karya internal RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep.

Sebelumnya, mesin ARM ini diresmikan oleh Bapak Bupati Sumenep, Dr. KH. A. Busyro Karim, M.Si pada masa jabatan Bupati Periode Pertama, pada hari Sabtu  tanggal 24 Oktober tahun 2015 lalu. Mesin ARM yang berada di Front Office mempercepat dan membantu semua proses Pasien Rawat Jalan dengan penjaminan.

Sementara cara penggunaan mesin ARM ini yakni, bagi pasien lama yang pernah mendaftar atau memiliki kartu berobat bisa langsung menggunakan ARM. Dengan memasukkan kartu pada barcode scanner, atau masukkan no. register yang tertera di kartu berobat pada mesin ARM kemudian pilih Poli Tujuan, Pilih Cara Pembayaran (BPJS/SPM) dan tekan, selesai secara otomatis akan mencetak bukti pendaftaran selesai.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here