Kapolres Jember Menghadiri Gerakan Nasional Tanam Buah Nusantara

Reporter: Cahya

Jember, Senin 10/10/2016 (suaraindonesia-news.com) – Setelah mendampingi anggota Komisi III DPR RI Komisi III DPR RI Drs.H. Hasrul Azwar, MM dalam kunjungan kerjanya ke Polres Jember sejak kemarin, Kapolres Jember AKBP. HM. Sabilul Alif, SH, SIK, M.Si siang tadi, Senin (10/10/2016) mengantar pulang lewat Bandara Usara Notohadinegoro Ajung Jember.

Usai dari sana, Kapolres menghadiri Gerakan Nasional Tanam Buah Nusantara yang diadakan oleh Taruna Bhumi Foundation di lokasi City Forest Arum Sabil Jl. Kaliurang Kelurahan Tegal Gede Kecamatan Sumbersari, Jember.

Mengambil tema “Berkarya Nyata Untuk Mewujudkan Kemandirian Hortikultura” acara gerakan nasional tanam buah nusantara ini dihadiri langsung oleh Dirjen Kementerian Pertanian Dr. Ir. Spudnik Sujono Kamino dan Ketua Komisi Keamanan Hayati Produk Rekayasa Genetik Dr. Ir. Agus Pakpahan.

Turut Bupati Jember dr. Faida, MMR, Wabup KH.Abdul Mukit Arif, Dandim 0824 Jember Letkol. Inf. M. Nas, Kajari Jember Hadi Sumartono, serta lebih kurang 500 tamu undangan dari berbagai profesi baik pejabat sipil, BUMN maupun tokoh masyarakat serta pengusaha Kabupaten Jember. Di antaranya Kepala Kantor Pertanahan Kab. Jember Koes Widatso, Direktur Puslit Kopi dan Kakao Indonesia Bapak Misnawi, Ketua PCNU Jember KH. Abdullah Syamsul Arifin, Pimpinan PT. Mitra Tani Dua Tujuh Bpk. Wasis dan pimpinan BRI Cabang Jember Bpk. Taufik dan tentunya HM Arum Sabil selaku Pembina Taruna Bhumi Foundation yang menggas berlangsungnya acara ini.

Adapun dalam acara ini, Kapolres bersama Forkopimda dan para hadirin serta undangan dapat menyaksikan stand pameran yang menyediakan berbagai produk unggulan dari Arum Sabil Farms Naturally Organics, Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Kabupaten Jember, Edamame dari PT. Mitratani Dua Tujuh, Pisang Mas Kirana dari PT. Perkebunan Nusantara XI dan Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia. Juga terdapat Hujan Hadiah Langsung dari BRI Cabang Jember.

Dirjen Hortikultura Kementerian Pertanian Dr. Ir. Spudnik Sujono Kamino menyatakan apresiasi dan meminta agar dibangun kawasan hijau dengan menggandeng petani di wilayah Jember. Mengingatkan pula dalam menghadapi perdagangan internasional, kita harus meningkatkan kualitas komoditas tanaman holtikultura sehingga kualitasnya mampu bersaing dengan buah-buahan impor dari luar negeri. Sebab diakui, saat ini petani holtikultura di Indonesia belum siap bersaing dengan negara lain.

Tidak lupa Dr. Ir. Spudnik Sujono Kamino juga meminta bantuan kepada HM. Arum Sabil untuk dapat mengembangkan tanaman bawang dan cabai.

Gerakan Nasional Tanam Buah Nusantara ini juga ditandai dengan penanaman pohon manggis dan pohon pisang yang merupakan salah satu jenis pohon buah nusantara yang dilakukan oleh Dirjen Hortikultura Kementerian Pertanian Dr. Ir. Spudnik Sujono Kamino yang disaksikan oleh HM Arum Sabil bersama Kapolres dan dan seluruh tamu undangan lainnya.

Tidak ketinggalan dalam acara ini juga HM Arus Sabil menyerahkan cenderamata kepada Dirjen Hortikultura Kementerian Pertanian Dr. Ir. Spudnik Sujono Kamino dan juga kepada Kapolres Jember.

Acara ini sendiri berakhir lancar sekitar pukul 12.00 WIB

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here