Kapolres Abdya Pimpin Apel Siaga Bencana

oleh -323 views
Kapolres Abdya AKBP. Moh. Basori, SIK didampingi Wabup Muslizar. MT bersama instansi terkait saat mengcroscek kesiap siagaan peralatan petugas dan relawan dihalaman kantor Bupati Setempat.

ABDYA, Kamis (12/12/2019) suaraindonesia-news.com – Untuk mengantisipasikan pontensi bencana, pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya, menggelar kegiatan Apel Siaga bencana di halaman kantor Bupati setempat.

Pantauan awak media, kegiatan Apel Siaga bencana tersebut, langsung dipimpin oleh Kapolres Abdya AKBP Moh. Basori, SIK yang dihadiri, Wakil Bupati Abdya Muslizar. MT, Kepala BPBK Amiruddin, Ketua Komisi B. DPRK H. Munir H. Ubit, Kasubag bin Kajari Abdya H. Azwar, SH, Dandim 0110 Letkol Czi M. Ridha Has, ST. MT, diwakili lettu Inf Abdul Manan, sekda Drs. Thamrin, para Asisten Setdakab, Staf Ahli, SKPK, ASN, Personil TNI/Polri, Satpol PP, Rapi, PP, Tagana serta jajaran lainnya.

Kapolres Abdya AKBP Moh. Basori, SIK. Dalam sambutannya mengatakan, atas nama Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya mengucapkan terima kasih atas terlaksananya kegiatan Apel Siaga Bencana pada hari ini.

“Kegiatan ini merupakan bukti dari kesiapan dan keseriusan kita dalam mencegah serta menanggulagi setiap bencana yang terjadi dalam wilayah Bumoe Breuh Sigupai ini.
Disadari ataupun tidak bencana sudah menjadi bagian dalam kehidupan kita sehari-hari,” tuturnya.

Menurutnya, kabar berita mengenai kejadian bencanapun telah menjadi suguhan rutin sehari-hari dari berbagai media massa dan media elektronik di negeri ini.

“Tidak menutup kemungkinan bahwa suatu saat kitapun bisa menjadi korban dari bencana tersebut,” ujarnya.

Lanjutnya, Upaya tanggap darurat serta pencegahan bencana harus terus kita lakukan dalam mengantisipasi potensi bencana di wilayah kita.

“Hal ini perlu dilakukan agar dampak bencana serta korban dapat terus ditekan, sehingga kerusakan lingkungan akibat bencana yang kerap timbul dapat dikendalikan,” ucap Kapolres.

Lanjutnya, kecenderungan terjadinya bencana yang signifikan dengan intensitas dan frekuensi yang cukup luas pada akhirnya selalu menimbulkan kerugian yang besar.

Menyikapi hal itu, dengan telah diterbitkannya Undang-Undang Nomor 24 tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana serta Peraturan Pemerintah terkait penanggulangan bencana akan menjadi mandat yang harus diemban serta menjadi dasar operasional dalam pelaksanaan tupoksi kebencanaan.

Terlebih lagi wilayah Kabupaten Aceh Barat Daya memang merupakan salah satu kabupaten dalam Propinsi Aceh yang memiliki potensi cukup besar terhadap berbagai macam bencana, baik bencana alam maupun bencana yang disebabkan oleh ulah manusia.

Untuk itu, yang sangat diperlukan adalah bagaimana kita bisa membangun pemahaman, kesadaran, kepedulian dan tanggung jawab semua pihak tentang pentingnya upaya penanganan bencana yang dimulai dari sebelum, saat dan sesudah terjadinya bencana, karena memang tanggung jawab penanggulangan bencana tidak hanya berada di pundak Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten semata, tapi juga menjadi tanggung jawab kita semua.

Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten tidak mungkin dapat bekerja sendiri, oleh karena itu diperlukan kerjasama lintas instansi dan lintas sektor.

“Jika ada terjadi bencana besar, semua instansi terkait wajib membantu baik tenaga maupun segala fasilitas yang dibutuhkan, termasuk alat-alat berat, jika ada permintaan dari BPBK harus dikerahkan,” tegasnya.

Selain itu apel siaga ini juga dalam rangka melakukan pengecekan kesiap siagaan penanggulangan bencana yang tergabung dalam Satgas Siaga Bencana Kabupaten Aceh Barat Daya serta juga untuk melihat kesiap siagaan peralatan, petugas maupun relawan.

Untuk itu ia berharap melalui Apel Siaga Bencana yang kita laksanakan hari ini, ke depan tindak lanjut penanganan setiap permasalahan bencana akan semakin baik.

“Ada peningkatan kuantitas dan kualitas sumber daya manusia bagi petugas maupun masyarakat peduli bencana di kabupaten kita,” sebutnya.

Sebelum mengakhiri sambutannya, ia minta kepada seluruh petugas baik itu petugas pemadam kebakaran, petugas penanggulan bencana daerah, anggota relawan bencana serta masyarakat peduli lingkungan, agar tetap siaga dan memastikan peralatan selalu siap siaga setiap saat.

“Hari ini apel siaga, tanda siap berjaga-jaga, jangan sampai ada korban dari bencana harus menjadi tekad kita bersama,” tukasnya.

Reporter : Nazli
Editor : Amin
Publisher : Oca

Tinggalkan Balasan