Kampung Wisata Durian Jember Akan Segera Dilaunching

Audiensi kedua para perangkat Perum Perhutani KPH Jember dengan Bupati Jember. (Foto: Andik)

JEMBER, Jumat (15/3/2019) suaraindonesia-news.com – Bupati Jember Faida bertemu kembali dengan para pejabat Perhutani KPH Jember Rukman, membahas acara penyerahan sharing produksi KPH Jember tahun 2019 dan persiapan peresmian Kampung Durian Pakis, Jumat (15/3/2019) di Pendapa.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemkab Jember Arismaya Parahita menyampaikan bahwa dengan seijin Bupati Jember Faida, Wisata Kampung Durian di Desa Pakis Kecamatan Panti yang akan dilaksanakan pada tanggal 21 Maret 2019 mendatang.

“Sebagaimana yang disampaikan oleh Ibu Bupati Faida, bahwa ada visi besar di situ dimana untuk pemberdayaan masyarakat dan ini merupakan kerjasama antara Pemkab Jember dengan Perhutani KPH Jember serta dengan LMDH yang ada di sana,” terang Arismaya.

Arismaya juga mengatakan bahwa ada 19 Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) yang akan diberdayakan oleh Pemkab Jember guna pengembangan durian di Jember.

Baca Juga: ‘Tersihir’ Isu Kiamat, Belasan Warga Jember Hijrah ke Malang

“Sekitar 19 LMDH yang akan di berdayakan untuk menjadi sentra pengembangan durian di Jember,” lanjut Arismaya.

Hal senada juga di sampaikan oleh Kepala Perum Perhutani KPH Jember Rukman Supriatna, S. Hut, M. Par bahwa di sana potensi durian sangat besar, namun belum dimanfaatkan maksimal, karena langsung dijual ke luar kota.

“Ini sebagai bentuk optimalisasi nilai tambahnya untuk masyarakat itu sendiri, kita berharap pemilik-pemilik pohon durian yang ada baik itu dalam kawasan maupun di luar kawasan bisa lebih meningkatkan nilai durian itu,” ujar Rukman.

Selain itu, Rukman juga mengatakan bahwa akan ada pelatihan langsung bagaimana pengolahan lebih lanjut tentang durian atau pun kopi maupun potensi yang lain yang berada di Pakis Panti.

“Kita tidak berbicara kampung duriannya itu hanya duriannya saja sebetulnya, dimana disitu ada potensi kopi dan wisata serta buah-buah yang lainnya, jadi ini yang kita akan optimalkan, sehingga masyarakat di situ terlibat di dalamnya,” punkasnya.

Dalam launching tersebut, Perhutani KPH Jember jugaakan menyerahkan sharing produksi kepada LMDH (Lembaga Masyarakat Desa Hutan) sebesar Rp. 1,060.000.000.

Reporter : Guntur Rahmatullah
Editor : Amin
Publisher : Imam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here