Kambing Etawa Seduro Rp 500 Juta Adu Ketampanan di Piala Presiden 2018

oleh -179 views
Kambing Etawa Seduro milik H Alis

KOTA BATU, Sabtu (8/12/2018) suaraindonesia-news.com — Sebanyak 586 Kambing etawa seduro dari berbagai daerah di Indonesia, Sabtu (8/12/2018) siang, di halaman Parkir Eco Green Park Kota Batu ikut semarakan ajang kontes yang memperebutkan piala Presiden Republik Indonesia tahun 2018.

Event akbar berskala nasional yang Berjudul Silaturrahmi Nasional Peternak Domba Kambing Indonesia ke-6 dan Piala Presiden Tahun 2018 semua peserta benar-benar ngotot untuk mendapatkan juara. Adu ketampanan kambing Seduro ini bernilai miliaran rupiah, lantaran ada seekor kambing yang di patok dengan harga Rp 500 juta.

Ketua Pelaksana Kontes Kambing Seduro Beni Soebianto mengatakan dalam kontes kambing seduro yang digelar di kota Batu kali ini benar-benar semarak, pesertanya selain jumlahnya banyak, juga kambing-kambing yang diikutkan dalam kontes tersebut benar-benar menarik, tampan dan cocok dijadikan ajang promosi.

“Kontes kambing seduro yang dilombakan dikontes piala presiden, pesertanya sekitar 586 lebih. Ini merupakan agenda rutin tahunan yang diadakan oleh Himpunan Peternak Domba-Kambing Indonesia atau HPDK,” kata Beni.

Menurutnya, event yang di gelar di kota Batu termasuk yang terbanyak dan terbesar dari event-event sebelumnya yang pernah digelar di berbagai kota di Indonesia.

“Tujuan digelarnya ini Selain silaturrahmi antar peternak Domba-Kambing, juga untuk ajang promosi kepada masyarakat, dan juga agar para peternak bergairah dalam budidaya dalam pengembanagan kambing, khusunya para pemula,” jelasnya.

Dalam kontes itu, kata Beni yang juga wakil ketua DPD HPDK Jatim, ada 17 kelas yang dilombakan mulai kelas yunior dengan ukuran betina mksimal 70 cm hingga kelas Senior betina dan pejantan yang diukur dengan menggunakan berat badan.

Dalam kontes itu kata dia, ada kambing bernama Bejo, kambing milik H Alis asal Mojokerto yang pernah memenangkan ajang kontes di berbagai daerah. Kini kambing dengan berat 130 kg yang dibandrol Rp 500 juta yang pernah enam kali menjadi juara, juga ikut menyemarakan ikut kontes dalam adu ketampanan di Piala Presiden 2018.

Kontes itu, digelar selama tiga hari berturut-turut mulai tanggal 7-9 Desember 2018, Silaturohmi Nasional (Silatnas) yang dihadiri oleh beberapa menteri kabinet kerja, dan dibuka pada hari Sabtu (8/12/2018) oleh Walikota Batu Dewanti Rumpoko, dan ditutup, Minggu (9/12/2018).

Reporter : Adi Wiyono
Editor : Agira
Publisher : Imam

Tinggalkan Balasan