Kadiskominfo Jember Sosialisasikan Penanganan Covid-19 Berbasis RT/RW ke Warga Desa Glagahwero

oleh -346 views
Plt. Kadiskominfo Jember Habib Salim saat memberikan pemahaman kepada para Ketua RT/RW terkait penanganan Covid-19. (Foto: Dok. Diskominfo Jember)

JEMBER, Rabu (28/07/2021) suaraindonesia-news.com – Kembali dan akan terus dilakukan penguatan pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di desa-desa di Kabupaten Jember. Terutama di titik-titik dengan angka kasus positif Covid-19 yang tinggi.

Seperti pada Rabu (28/07/2021), berlanjut dari Kaliglagah dan Arjasa, dilaksanakan juga kegiatan penguatan PPKM di Desa Glagahwero, Kecamatan Kalisat.

Tampak hadir Camat Kalisat, Regar Jeane, yang menyambut kehadiran Kadiskominfo Habib Salim SSi, Kapolsek dan Danramil Kalisat, Perangkat daerah, dan RT/RW setempat.

Kegiatan ini dimaksud agar masyarakat tahu betapa Pemerintah Kabupaten Jember peduli akan keselamatan mereka dari Covid-19. Pemkab ingin warganya selamat dari virus Corona yang menyebabkan Covid-19 yang sangat berbahaya.

Camat Kalisat Regar Jeane memaparkan peran RT/RW yang sangat penting dalam melindungi warganya dari Covid-19. Dengan tegas Camat Regar Jeane menjelaskan peran RT/RW dalam menyampaikan informasi terbaru seputar perkembangan Covid-19 di Jember dan penerapan PPKM di masyarakat selama pandemi.

“Dalam menangani Covid-19, tugas RT/RW adalah mengecek warga di lingkungannya secara teliti. Bila ada yang sakit dan melakukan isolasi mandiri, laporkan datanya ke Satgas Covid-19 dan Pemerintah Desa,” katanya, jelas.

 

Dari situ, data yang masuk secara berjenjang dilaporkan ke level atasnya terus, hingga sampai ke tingkat kabupaten. Data-data ini terus diperbaharui setiap hari sehingga tidak ada data yang luput. Semua terpantau dengan rapi dan proper.

Kadiskominfo Habib Salim menegaskan agar masyarakat disiplin mematuhi Protokol Kesehatan dan ketentuan aturan PPKM.

“Sebagai bagian dari perangkat masyarakat, kita sendiri harus tetap sehat agar bisa menolong warga kita. Salah satu upayanya, melakukan vaksinasi untuk menjaga kekebalan tubuh dari virus,” ujar Kadiskominfo Habib Salim.

Diingatkannya sungguh-sungguh untuk berhati-hati menyikapi informasi yang simpang siur di dunia maya. Jangan termakan info hoax. Tetap waspada, tapi jangan terlalu takut atau panik bila ada warga yang dinyatakan positif Covid-19.

“Segera warga yang positif Covid-19 tersebut dikirim ke tempat isolasi terpusat, yaitu di Hotel Kebon Agung,” lanjutnya.

Dapat disimpulkan, Covid-19 belum hilang dan setiap saat mengancam keselamatan semua orang. Tanpa pandang bulu. Untuk menanganinya, tingkatkan daya tahan tubuh, dan melakukan protokol kesehatan 5 M sebagai gaya hidup keseharian seluruh warga: Mengenakan masker, Mencuci tangan dengan sabun, Menjaga jarak, Menghindari kerumunan, dan Membatasi mobilitas atau pergerakan di luar rumah.

Catat data Puskesmas terdekat dan sebarkan ke keluarga, sahabat, dan lingkungan untuk segera mendapatkan pertolongan jika ada yang terinfeksi Covid-19.

Reporter : Guntur Rahmatullah
Editor : Moh Hasanuddin
Publisher : Syaiful

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *