KADIN Surabaya Dorong Investor Lokal dan Asing Masuk Jatim

Reporter: Adhi

Surabaya, suaraindonesia-news.com – Investor masih menganggap Kota Surabaya khususnya dan Jawa Timur pada umumnya sebagai surganya investasi. Buktinya, arus investasi ke provinsi yang terdiri dari 38 Kabupetan/Kota ini terus mengalir deras.

Dari data yang dilansir Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) RI, pada kuartal pertama 2016 Provinsi Jawa Timur berada di urutan keenam dari daftar asal negara, dengan capaian PMA 252 juta dollar AS yang terdiri dari 187 proyek. Sementara serapan tenaga kerjanyanya mencapai 9.465 orang atau menyumbang 10% dari penyerapan tenaga kerja selama kuartal pertama 2016 dengan serapan sebesar 32.683 orang.

Sebaliknya, investasi PMDN menempatkan Jawa Timur di peringkat pertama, dengan realisasi sebesar Rp 13 triliun untuk 196 proyek dan menyerap 23.218 tenaga kerja atau 17% dari penyerapan tenaga kerja nasional.

Keberadaan investasi dalam dan luar negeri ini menjadi mesin pertumbuhan ekonomi yang efektif bagi Jawa Timur. Karena akan menyerap banyak tenaga kerja, melipatgandakan penerimaan pajak, memangkas angka pengangguran dan kemiskinan, serta mendorong pertumbuhan ekonomi.

Dalam hal ini, KADIN Surabaya sebagai mitra pemerintah akan terus berupaya memperbaiki kesejahteraan masyarakat dengan mengundang investor domestik maupun mancanegara agar menanamkan modalnya ke Jawa Timur.

Namun upaya itu tidak mudah mengingat negara-negara lain khususnya negara-negara ASEAN juga berupaya keras untuk menarik investor dari luar. Untuk itu, KADIN mengajak semua stakeholder khususnya pemerintah agar terus berbenah dan bersaing dengan negara-negara luar yang juga terus berbenah dengan memberikan banyak kemudahan investasi di negaranya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here