Kades Aeng Tong-Tong Minta Perijinan Usaha Keris Agar Dipermudah

oleh -44 Dilihat

Sumenep, suaraindonesia-newscm – Kerajinan keris di Desa Aeng Tongtong Kecamatan Saronggi yang sudah diakui hingga level dunia, diharapkan akan semakin mempermudah pengurusan ijin usaha maupun ijin khusus terkait dengan menyimpan dan membawa barang benda pusaka keris tersebut.

Sebab, selama ini para pengusaha keris yang banyak menerima pesanan dari luar kota bahkan dari luar negeri, kesulitan ketika harus membawa keris karena sulitnya berbagai bentuk perijinan yang harus dilalui, sehingga hal tersebut dapat menghambat kelancaran pengusaha dalam memajukan usahanya.

Hal tersebut diakui Kepala Desa Aeng Tongtong, Taufik Rahman kepada Suara Indonesia, Sabtu (27/12) menurutnya, untuk mengupayakan perijinan khusus dalam usaha kerajinan dan perdagangan keris, dalam kesempatan kunjungan Presiden RI, Susilo Bambang Yudoyono bersama Menteri terkait pihaknya telah berbicara langsung terkait persoalan tersebut.

“Bahkan, Presiden merespon dengan memanggil Kapolri, Kejaksaan dan dari Perindustrian untuk dapat membantu apa yang menjadi harapan kami.”ungkapnya. Karena itu, menurut Taufik, pihaknya akan segera menindak lanjuti arahan Presiden RI tersebut dengan pihak-pihak terkait untuk membantu proses perijinan usaha keris. Dan rupanya Kejari Sumenep yang baru juga sangat merespon untuk membantu terhadap persoalan tersebut dan tentunya nanti juga berkaitan dengan Dinas Perdaganagan dan Perindustrian.

“Mudah-mudahan kehadiran Presiden dapat membuka akses industri keris di Kabupaten Sumenep agar mendapat pelayanan lebih mudah dan legalitasnya terlindungi.”tambahnya.

Reporter : Ren

Tinggalkan Balasan