Kabupaten Jember Dinobatkan sebagai Kota Peduli HAM

oleh -553 views
Foto: Direktur Jenderal HAM, Dr. Mualimin Abdi menyerahkan penghargaan kepada Bupati Jember, Hendy Siswanto, atas prestasi Kabupaten Jember atas pemenuhan HAM.

JAKARTA, Senin (12/12/2022) suaraindonesia-news.com – Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia menobatkan Kabupaten Jember, Jawa Timur sebagai Kabupaten yang peduli terhadap Hak Asasi Manusia.

Penobatan prestasi ini diberikan pada acara Puncak Peringatan Hari Hak Asasi Manusia Sedunia ke 74, yang dihadiri langsung oleh Wakil Presiden RI Prof. KH. Ma’ruf Amin serta Menteri Hukum dan HAM Yasonna H. Laoly.

Ada 10 kelompok hak yang telah dipenuhi oleh Kabupaten Jember. Di antaranya hak atas bantuan hukum dengan nilai 80, hak atas informasi dengan nilai 100, hak turut serta dalam pemerintahan dengan nilai 100, hak dalam keberagaman dan pluralisme dengan nilai 85, serta hak atas kependudukan dengan nilai 100.

“Alhamdulillah, Kabupaten Jember masuk kabupaten peduli HAM dengan nilai 91,6. Tentu saja, ini nilai yang luar biasa,” ujar Bupati Hendy, Senin (12/12).

Selain itu, melalui pencapaian ini Hendy mengajak semua untuk menegakkan pemenuhan HAM. Bahwa, setiap orang wajib mendapatkan hak asasinya, khususnya masyarakat di Jember.

“Pun rekan-rekan difabel, ODGJ (Orang dengan Gangguan Jiwa),” ucapnya.

Tak hanya itu, tahun mendatang pihaknya juga bakal lebih memaksimalkan pelayanan pemenuhan hak masyarakat Jember.

Menurut bupati, pelayanan kepada masyarakat di pinggiran juga perlu ditingkatkan.

“Mereka perlu mendapatkan rumah yang layak, kesempatan bekerja, dan lingkungan yang bersih,” katanya.

Selain itu, para peserta didik di sekolah-sekolah juga perlu diajarkan. Mulai TK, SD, hingga perguruan tinggi.

“Bagaimana mereka perlu menerapkan dan mengerti bahwa kita harus menjunjung tinggi pemenuhan hak asasi manusia,” pungkasnya.

Reporter : Guntur Rahmatullah
Editor : M Hendra E
Publisher : Nurul Anam

Tinggalkan Balasan