Jumlah Pelanggar Lalu Lintas di Operasi Zebra di Wilayah Hukum Polres Batu Turun 60 Persen

oleh
Kanit Laka Polres Batu Ipda Anton Hendri Subagyo

KOTA BATU, Selasa (13/11/2018) suaraindonesia-news.com – Jumlah pelanggar lalu lintas di operasi zebra Semeru 2018 yang digelar selama 14 hari sejak 30 Oktober-12 November 2018 di wilayah hukum Polres Batu mengalami penurunan hingga 60 persen dibanding tahun 2017 lalu.

Polres Batu menyebut kesdaran masayarakat berlalu lintas mulai mengalami peningkatan.

Kanit Laka Polres Batu Ipda Anton Hendri Subagyo mengatakan Hasil pelaksanaan operasi Zebra Semeru 2018 jumlah pelanggar lalu lintas mengalami penurunan disbanding tahun lalu, bahkan dalam pelasaksaan operasi kali ini, selama operasi, petugas tidak menemukan hal-hal yang menonjol, seperti penggunaan narkoba dan minuman keras (miras).

“Ini Artinya Sosialisasi keselamatan lalu lintas pada Kendaraan bermotor roda dua untuk Pelajar Sekolah Menengah Atas sebelumnya boleh terbilang sukses, karena dapat menekan jumlah angka pelanggaran,” kata Anton, saat ditemui di Mapolres Batu, Selasa (13/11/2018).

Menurutnya, Hasil banyaknya penindakan bukan sebagai tolak ukur. Namun dari tingkat kesadaran masyarakat, penindakan sedikit, tetntunya diharapkan dari sosialisasi ke masyarakat itu lebih ada pengaruhnya sehingga dapat menumbuhkan kesadaran pada penertiban.

“Alhamdulillah tingkat kesadaran masyarakat di wilyahah Hukum Polres Batu, kesadaran pengguna lalu lintas. Dengan sosialisasi sebelumnya, lebih baik untu tahun ini,” kata dia.

Hasil akhir Operasi Zebra 2018, lanjut dia, penindakan dengan tilang sebanyak 619 pelanggaran, penindakan pelanggaran dalam bentuk Teguran sebanyak 183, Pengendara yang tidak menggunakan helm tidak sesuai Standar Nasional Indonesia sebanyak 244.

“Dan yang Tidak menggunakan sabuk keselamatan sebanyak 10 pengendara, pengemudi dibawah umur, untuk anak sekolah sebanyak 127, dan yang melawan arus 185, serta pelanggaran lainnya berjumlah 53 yang ditindak,” imbuhnya.

Ia juga menghimbau kepada masyarakat pengguna jalan untuk tetap patuh dan taat serta tertib terhadap peraturan lalu­lintas, karena meski operasi zebra 2018 berakhir, Polres Batu setiap saat tetap melakukan razia terhadap pelanggar lalu lintas dan juga dalam waktu tak lama lagi akan diberlakukan operasi lilin menjelang tahun baru 2019.

Reporter : Adi Wiyono
Editor : Agira
Publisher : Imam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *