Jum’at 10-Juli, Operasi Ketupat Serentak Diseluruh Polda Jajaran

oleh -8 views

Probolinggo, Suara Indonesia-News.Com – Gelar Operasi Ketupat-2015 secara serentak dimulai hari Jumat, 10 s/d 25-Juli-2015 diseluruh Polda Jajaran.

Polres Probolinggo Kota, Kamis (9/7/15) sekira jam 08.00 WIB menggelar Apel Bersama Operasi Ketupat-2015 yang di ikuti oleh jajaran Kepolisian, TNI, Dishub, Pramuka dan ORARI.

Kapolres Probolinggo Kota AKBP.Sumaryono mengatakan, Operasi Ketupat-2015 dilaksanakan secara serentak diseluruh Polda Jajaran mulai Jumat, 10 s/d 25-Juli-2015. Tujuan utama adalah untuk pengamanan dan kelancaran arus mudik lebaran.

“Mudik lebaran di Indonesia ini sudah merupakan tradisi atau budaya bangsa melakukan tradisi pulang kampung (pulkam) saat hari raya idul fitri”, ungkap Kapolres.

Tradisi arus mudik lebaran ini, lanjut Kapolres mengatakan, akan menimbulkan permasalahan Kamseltibcar Lantas, karena adanya peningkatan volume arus lalu lintas kendaraan dan barang yaitu kemacetan dan kecelakaan lalu lintas, ujarnya.

Berdasar Data Operasi Ketupat Tahun-2014 tercatat jumlah kejadian Laka Lantas secara Nasional mengalami penurunan sebanyak 618 kasus/16,81% dari 3.675 kasus pada tahun 2013 menjadi 3.057 kasus pada tahun 1014.

Dari data tersebut, Kapolres mengatakan, jalur yang paling tinggi memiliki angka Laka lantas adalah jalur Pantura, sedang jenis kendaraan yang tercatat paling tinggi mengalami kecelakaan Lalin adalah sepeda motor dan mobil penumpang.

“Berdasar data dari Kementerian Perhubungan, diprediksi arus mudik lebaran tahun ini akan mengalami kenaikan 1,9% dibanding dengan pemudik lebaran tahun 2014. Puncak arus mudik akan terjadi pada H-7 dan arus balik pada H+3 pelaksanaan Idul Fitri-2015”, terang Kapolres Probolinggo Kota AKBP. Sumaryono.

Untuk pengamanan dan kelancaran arus mudik lebaran tahun-2015 di Kota Probolinggo, Kapolres mengatakan akan menerjunkan 885 personil gabungan Polri, TNI, Dishub, juga Pramuka dan Orari yang akan ditempatkan pada titik titik rawan laka dan macet. Selain itu juga mempersiapkan jalur alternatif yaitu Ketapang dan Randupangger untuk antisipasi bila terjadi kemacetan arus mudik, ujar Kapolres AKBP. Sumaryono menambahkan.

Bersamaan dengan gelar Operasi Ketupat-2015, Polres Probolinggo Kota juga  memusnahkan ribuan boto miras berbagai merk, ribuan Pil Setan jenis Trax dan Dextro hasil Operasi Sat Resnarkoba Polres Probolinggo Kota didalam bulan Ramadhan ini.(Singgih).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *