Jember Jadi Tuan Rumah Kemah Bahasa Arab

Penyerahan cinderamata dari panitia ITHLA kemah bahasa arab kepada Bupati Jember (Foto: Guntur Rahmatullah)

JEMBER, Jumat (19/4/2019) suaraindonesia-news.com – Persatuan Mahasiswa Bahasa Arab Indonesia atau dalam bahasa arabnya ‘Ittihadu Thalabati al Lughoh al Arabiyah’ (ITHLA) resmi menggelar kemah bahasa arab bertempat di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember.

Agenda ini diikuti oleh anggota ITHLA dari Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara Barat.

Bupati Jember Faida dalam sambutannya meminta kepada para mahasiswa yang mengikuti kemah bahasa arab ini dapat memberikan rekomendasi kepada Pemerintah yang bermanfaat bagi masyarakat.

“Kemah bahasa arab dimana Jember menjadi tuan rumah, saya bangga sekali dimana mereka sudah mengorganisir diri dalam forum yang luar biasa. Saya berharap ada rekomendasi untuk pemerintah daerah sehingga menjadi pertimbangan pengambilan kebijakan,” pinta Bupati Jember Faida usai meresmikan acara ini, Jumat (19/4/2019).

Faida mengaku salut kepada para mahasiswa yang memutuskan untuk memilih jurusan Bahasa Arab sebagai disiplin ilmunya karena menurutnya bahasa menjadi pembuka kunci hubungan. Baik hubungan antar-manusia maupun hubungan antar-negara.

“Saya salut kepada mahasiswa yang mengambil sikap memilih jurusan bahasa Arab. Jadilah mahasiswa yang peduli, karena kepedulian adalah pembuka silaturahim yang paling ampuh membawa kemaslahatan di dunia dan diakhirat,” pesannya.

Sementara Ketua Panitia Muhammad Alfarisy menjelaskan tema yang diangkat kali ini adalah ‘Memperkuat ukhuwah arobiyah, komitmen memakmurkan bangsa’ yaitu belajar bahasa arab untuk membuka cakrawala supaya bisa mengkaji litelatur-literatur arab untuk keperluan kajian islam.

“Selain itu alumni-alumni kita sudah banyak yang mengikuti exchange dengan mengajar di berbagai universitas di Asia Tenggara,” terangnya.

Sementara Ketua Umum DPP ITHLA Indonesia M. Fikri Ghifan mengajak semua peserta untuk memanfaatkan kesempatan berada di Jember dengan bertukar pikiran dan gagasan. “Mengembangkan kemampuan sosial masing-masing,” pesannya.

Reporter : Guntur Rahmatullah
Editor : Amin
Publisher : Dewi


Warning: A non-numeric value encountered in /home/suaraindonesia/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here