Jelang Pilkada, Polres Sumenep Kerahkan 496 Personel

AKP. Hasanuddin, Kabag Humas Polres Sumenep

Sumenep, Suara Indonesia-News.Com – Polres Sumenep gerakkan 496 personel ke daerah Kepulaun jelang pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Sumenep, Madura, Jawa Timur. Minggu (6/12/2015).

Langkah tersebut dilakukan Polres Sumenep, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan saat pelaksanaan pilkada pada tanggal 9 Desember 2015. Sedangkan ratusan personel tersebut merupakan petugas gabungan antara Brimob Polda Jawa Timur (Jatim) dan anggota Polres Sumenep.

Kapolres Sumenep AKBP Rendra Radita Dewayana melalui Kasubag Humas Polres Sumenep Akp Hasanuddin mengatakan, Jumlah personel dari Polres Sumenep yang telah dikirm ke daerah kepulauan sebanyak 296 personel, sementara 200 personel lainnya, merupakan anggota Brimob Polda Jatim.

“Hari ini ratusan personel sudah dikirim secara serentak ke kepulauan,”kata Hasanuddin.

Untuk personel Brimob yang dikirim akan bertugas di Pulau Kangean dan Pulau Raas, sedangkan sebanyak 196 anggota Polres Sumenep dikirim ke Pulau Sapeken, Pulau Raas, dan Pulau Sepudi. Sedangkan 100 anggota Polres lainnya akan bertugas di Pulau Talango.

Ratusan personel tersebut, akan bertugas berpencar kesemua tempat pemungutan suara (TPS), yang ada di wilayah tugasnya. Selain akan bertugas untuk menjaga situasi kamtibmas saat pelaksanaan Pilkada, mereka  juga akan bertugas sebagai pengamanan dalam pengiriman kotak suara ke masing-masing TPS. Sedangkan personel polres yang dikirim ke kepulauan, sebagian dilengkapi dengan senjata. Sebab, selama ini daerah kepulauan termasuk wilayah yang rawan terjadi  tindak pidana.

“Kami tidak ingin pelaksanaan Pilkada Sumenep 2015 terganggu. Kami ingin pelaksanaan Pilkada berlangsung  aman, tertib, dan damai,”ujarnya.

Untuk diketahui, Kabupaten Sumenep merupakan salah satu Kabupaten yang bakal melaksanakan Pilkada secara serentak di tahun 2015. Secara wilayah, Kabupaten Sumenep terbagi dalam dua wilayah, yakni wilayah kepulauan yang terdiri sebanyak 8 Kecamatan dan wilayah daratan yang terdiri 19 Kecamatan.(liq).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here