Jelang Long Weekend, Polda Jatim Siapkan 7000 Personel

oleh -8 views

Reporter: Adhi

Surabaya, suataindonesia-news.com – Sebanyak 7.000 personil Polda Jawa Timur dan dibantu jajaran Polres Se Jatim siap mengamankan selama libur panjang memperingati Isra Miraj dan Kenaikan Isa Al Masih mulai 5 mei – 8 mei 2016.

Waka Polda Jatim, Brigjen  Gatot Subroto ditemui usai memimpin apel kesiapan libur panjang perayaan isra mi’raj dan kenaikan Isa Al Masih di Lapangan Mapolda Jatim, Rabu (4/5/2016) mengatakan,  pengamanan hari libur sudah menjadi tanggung jawab Polri. Untuk itu, digelar upacara mempersiapkan petugas – petugas yang berada di lapangan untuk mengamankan obyek vital di Jatim.

“Hari ini kami gelar pasukan untuk pengamanan hari libur panjang di Jatim dengan melibatkan 7.000 personil. Mereka akan disebarkan jalur titik kemacetan dan rawan kriminalitas di Jatim,” ujarnya.

Titik macet ini pihak Polda akan memprioritaskan di terminal penyebarangan Banyuwangi atau pelabuhan Ketapang – Gilimanuk,  dimana disana akan diprediksi jumlah penumpang akan meningkat saat libur panjang.

Sedang pihak Polda juga akan menempatkan personil dirawan macet, yaitu Karangploso, perempatan di Kabupaten Kediri yaitu Mengkreng, Caruban Madiun, dan jalur pantura Tuban. “Untuk memantau titik rawan kemacetan ini pihak Dirlantas Polda Jatim akan mendirikan 218 pos pengamanan (Pos Pam),” ujarnya.

Selain itu, Polda Jatim juga mengamankan beberapa tempat ibadah yang akan melakukan kegiatan keagamaan umat kristiani yang merayakan kenaikan Isa Al masih, tempat wisata, dan tempat perbelanjaan.

Oleh karena itu, pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat yang akan untuk tetap waspada dan kepada masyarakat yang berpegian jauh untuk melaporkan kepada tetangganya atau RT, karena dengan koordinasi ini pihak kepolisian dan satpam bisa memantau dan mengamankan rumah yang ditinggalkan penghuninya.

“Saya berharap masyarakat di Jatim untuk turut partisipasi dalam mengamankan lingkungannya dan juga memiliki kesadaran sendiri untuk mengecek rumahnya apabila berpergian jauh, dan kepada pihak keamanan satpam diperumahan untuk lebih aktif mengecek kondisi keamananya,”ujar Wakapolda Jatim saat didampingi oleh Dirlantas Polda Jatim, Kombes Pol Ibnu Isticha.

Waka Polda juga berpesan, agar personil yang bertugas dilapangan tetap memegang tindakan yang humanis, disiplin dan selalu mengutakana keselamatan masyarakat dimanapun kegiatannya berlangsung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *