Jelang Lebaran, Kadin Minta Pemkab Aceh Timur Antisipasi Lonjakan Harga Barang

oleh -272 views
Foto : Aidul Adhar, Ketua Kadin Aceh Timur.

ACEH TIMUR, Jumat (08/05/2020) suaraindonesia-news.com – Menjelang lebaran Hari Raya Idul Fitri dua minggu lagi kedepan, Pemerintah Aceh Timur harus memastikan ketahanan pangan masyarakat terutama terhadap kebutuhan pokok masyarakat terpenuhi dan stabil, apalagi dalam situasi ancaman pandemik virus corona sangat berdampak terhadap stabilitas ekonomi masyarakat.

Hal ini disampaikan Ketua Kamar Dagang Industri (Kadin) Aceh Timur, Aidul Azhar, S.Kom kepada media suaraindonesia-news.com Jumat (08/05).

Bila di lihat dari indeks harga pasar tradisional di beberapa tempat di Aceh Timur, terjadi lonjakan harga yang bervariatif, bahkan nilai beli masyarakat harga semakin melonjak seperti gula, bawang merah, dan lain nya, sedangkan harga jual komoditi masyarakat semakin anjlok seperti Karet, Sawit, Coklat, dan gabah.

Pemkab Aceh Timur terutama Disperindag terkesan belum melakukan langkah-langkah kongkrit dalam upaya pengendalian pangan, hal ini terlihat selama memasuki bulan ramadhan belum ada aksi apapun baik operasi pasar maupun mengadakan pasar murah berupa sembako untuk rakyat.

Aidul berharap Disperindag Aceh Timur harus ada langkah-langkah kongkrit untuk mengantisipasi lonjakan harga barang, ancaman krisis pangan dan melakukan kordinasi dengan dinas terkait seperti dinas pertanian, perikanan, untuk mengembangkan dan meningkatkan produk di sektor riil dalam upaya ketahanan pangan baik jangka pendek maupun jangka panjang.

“Pemerintah harus menampung produk komoditi petani Aceh, sistem nya apakah di serahkan kepada BUMD atau pihak ketiga pengusaha, atau koperasi,” kata Aidul.

Aidul juga menambahkan, pemerintah harus mendorong pihak perbankan untuk memudahkan pemberikan fasilitas kredit kepada pengusaha lokal, dampak covid-19 pengusaha bisa kolap bila tak ada dukungan pemerintah dan Perbankan.

Reporter : Masri
Editor : Amin
Publisher : Ela

Tinggalkan Balasan