Jelang Keberangkatan Tugas Ke Papua, 5 Kompi Prajurit Yonif Raider 600/Modang Ikuti Lomba Crossfit

oleh -566 views
Komandan Yonif Raider 600/Modang Letkol Infanteri Kurniawan Hanif Arrido menyerahkan piagam kepada pemenang Juara I Lomba Crossfit dari Kompi Bantuan Yonif Raider 600/Modang.

BALIKPAPAN, Selasa (19/4/2022) suaraindonesia-news.com – Batalyon Infanteri (Yonif) Raider 600/Modang Kodam VI/Mulawarman menggelar lomba military Crossfit bertempat di Lapangan Markas Yonif Raider 600/Modang di Jalan Mulawarman, Kelurahan Lamaru, Balikpapan Timur, Selasa (19/4/2022).

Lomba yang dilaksanakan menjelang waktu berbuka puasa itu diikuti oleh 5 Kompi Prajurit Yonif Raider 600/Modang.

Crossfit merupakan olahraga yang cukup menantang lewat berbagai gabungan gerakan intensitas yang tergolong cukup berat.

Lomba tersebut digelar sebagai bentuk kesiapan stamina dan kebugaran jasmani bagi para prajurit yang rencananya akan diberangkatkan kedalam Satuan Tugas di wilayah Papua pada bulan Mei 2022 mendatang.

Materi yang dilombakan dalam Crossfit ini meliputi pembuatan Box pertahanan, perakitan alat komunikasi, mendorong mobil, pemasangan infus, navigasi darat di peta, dan bongkar pasang senjata.

Komandan Yonif Raider 600/Modang Letkol Infanteri Kurniawan Hanif Arrido mengatakan, Crossfit merupakan pengabungan antara Cardio dengan kekuatan fisik juga keterampilan militer.

“Tahapan-tahapan lomba prajurit harus memakai rompi dan helm dengan cepat, menyusun Box perlindungan dengan cepat, kuat dan tahan peluru. Kemudian mendorong kendaraan, membantu temannya yang perlu di infus, serta merangkai senjata yang terlepas rangkaiannya sampai dengan bunyi ledakan dengan amunisi hampa,” jelasnya kepada awak media.

Dia menyampaikan, lomba tersebut digelar sebagai bentuk persiapan para prajurit sebelum diberangkatkan ke dalam tugas ke Papua.

“Kemampuan-kemampuan seperti yang di lombakan itu juga harus dimiliki oleh para prajurit sebelum mereka di berangkatkan ke Papua. Memang tidak semuanya dilombakan, tetapi ada beberapa hal yang dilombakan merupakan materi-meteri pendukung seperti menginfus cepat, menentukan ploting peta dengan cepat dan merangkai senjata dengan cepat,” ujarnya.

Dalam persiapan menuju penugasan ke Papua, pria dengan pangkat dua melati di pundak itu menegaskan bahwa prajuritnya 100 persen sudah siap diberangkatkan kapanpun.

“Kesiapan kami sudah 100 persen, kami sudah siap diberangkatkan kapanpun,” ucapnya.

Kemudian dalam giat lomba tersebut, kata dia, pihaknya menyiapkan hadiah bagi para kompi yang berhasil menjadi juara I, 2, 3 dan juara harapan.

“Untuk pemenang juara I, kita siapkan hadiah 1 ekor kambing,” ujarnya.

Hanif Arrido menambahkan, dalam kegiatan tersebut juga dirangkai dengan pameran Alat Utama Sistem Pertahanan (Alutsista) dan bhakti sosial dengan melaksanakan vaksinasi Booster kepada 300 orang bagi warga di sekitar lingkungan Markas Yonif Raider 600/Modang, membagikan takjil dan sembako sebanyak 150 paket yang dilakukan oleh Persit Kartika Chandra Kirana Yonif Raider 600/Modang.

“Dalam rangkaian kegiatan ini, masyarakat tidak hanya kita berikan vaksin, paket sembako dan takjil, tapi juga kita hibur dengan pameran Alutsista dan perlombaan militer,” ungkapnya.

Dalam perlombaan militer itu, tampil sebagai Juara I dimenangkan oleh Kompi Bantuan (Kompi Ban), Juara II Kompi A dan Juara III dimenangkan oleh Kompi B.

Reporter : Fauzi
Editor : Redaksi
Publisher : Ipul

Tinggalkan Balasan