Jelang Akhir Masa Jabatan, DKJB Gelar Rapat Terbatas

oleh -11 views
DKJB Saat Menggelar Rapat Terbatas Menjelang Akhir Masa Jabatan.

BANDUNG, Selasa (22/10/2019) suaraindonesia-news.com – Dewan Kebudayaan Jawa Barat (DKJB), akan mengakhiri masa jabatannya di tahun ini. Adapun persiapan yang dilakukan oleh DKJB adalah dengan menggelar rapat terbatas antara DKJB dan Dikbudpora Provinsi Jawa Barat. Rapat tersebut diselenggarakan selama dua hari, dari tanggal 15 s/d 16 Oktober 2019, bertempat di SHEO Resort Hotel Bandung.

Dalam rapat tersebut, agenda yang dibicarakan hal-hal yang berkaitan dengan DKJB semenjak masa baktinya dari 2014 hingga tahun 2019. Baik itu yang meliputi, evaluasi kinerja DKJB selama masa bakti, penyusunan laporan pertanggung lawaban (LPJ).

Selain itu, dibicarakan pula kaitannya dengan calon anggota DKJB atau penyusunan draft baru kepengurusan berikutnya. Dan nantinya akan disampaikan pada pertemuan dengan Ridwan Kamil, selaku Gubernur Jawa Barat.

Ganjar Kurnia, selaku ketua DKJB, menyampaikan dalam pertemuan selama dua hari tersebut, supaya kegiatan dan berbagai program yang belum diselenggarakan oleh DKJB segera diselesaikan. Mengingat DKJB yang akan berakhir masa jabatannya di tahun 2019 ini, harus diakhiri dengan optimal.

“Berkenaan dengan tugas yang harus diselesaikan pada masa akhir bakti, DKJB berkomitmen untuk meyelesaikan sejumlah kegiatan secara optimal. Beberapa kegiatan diharapkan dapat selesai pada akhir bulan Oktober,” ucap Ganjar Kurnia dalam pembukaan rapat yang di laksanakan di Sheo Resort Hotel. Selasa (15/10) kemarin.

Kaitannya dengan pengangkatan anggota DKJB yang baru, merujuk pada Peraturan Gubernur Jawa Barat Nomor 70 Pasal 15a Tahun 2014 tentang pengangkatan anggota Dewan Kebudayaan Jawa Barat. Bahwa pada setiap periode anggota DKJB selanjutnya, diusulkan oleh ketua DKJB melalui rapat anggota yang dilaksanakan paling lambat 2 (dua) bulan sebelum berakhirnya masa Bakti DKJB.

Selama masa bakti DKJB dari tahun 2014-2019, terdapat banyak pokok pikiran yang dirumuskan dan dihasilkan DKJB untuk kemajuan kebudayaan Jawa Barat. Bahkan salah satu anggota DKJB berhasil menginisiasi pembuatan undang-undang HKI Komunal yang dimotori oleh Ibu Miranda Risang Ayu dan tim. Hal itu menjadi kebanggan tersendiri bagi Jawa Barat karena masih belum ada di Provinsi lain.

Dalam rapat yang dihadiri anggota DKJB dan beberapa jajaran ASN Dikbudpora, hadir juga Kepala Bagian Pendidikan, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Kabag Dikbudpora) Bapak H. Diding Wahyudin, S.Si., M.Si. Dalam sambutannya menyampaikan terimakasih kepada Pengurus DKJB atas peran dan dedikasi selama ini untuk kemajuan pembagunan Budaya Provinsi Jawa Barat. Diding Wahyudin berharap DKJB tetap dilanjutkan pada periode berikutnya.

Diding Wahyudin, selaku kepala Bagian Pendidikan, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Kabag Dikbudpora), yang juga ikut hadir menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pengurus DKJB. Hal ini, disampaikan Diding atas peran dan dedikasi DKJB untuk kemajuan pembangunan budaya di Provinsi Jawa Barat.

Tidak hanya itu, Diding, dalam sambutannya pada pembukaan rapat tersebut juga mengharapkan supaya DKJB tetap berlanjut pada periode berikutnya. Berkaitan dengan pengurus DKJB mendatang, Diding, menyampaikan supaya mekanismenya dipikirkan dan dikaji bersama-sama dalam forum tersebut.

“Untuk mekanisme pemilihan pengurus DKJB yang akan datang kita pikirkan dan kaji bersama-sama dalam forum ini,” ucap Diding, ASN senior itu mengakhiri sambutannya.

Sementara itu, anggota DKJB yang lainnya, Profesor Asep Warlan memberikan tanggapan dan beberapa usulan, diantaranya adalah kedudukan DKJB itu sendiri dilihat dari posisi payung hukum yang menaungi, mekanisme pemilihan anggota DKJB serta tugas dan wewenang DKJB. Guru besar Fakultas Hukum UNPAR itu, juga mengusulkan mekanisme pemilihan anggota DKJB yang akan datang bukan karena kompetisi pribadi akan tetapi repsentasi dari masyarakat.

“Jangan sampai orang beranggapan mekanisme pemilihan anggota DKJB yang akan datang berdasarkan kemauan pribadi bukan dari hasil seleksi,” ujarnya.

Sebelum rapat selesai dan diakhiri dengan makan siang, Profesor Ganjar selaku ketua DKJB masa bakti 2014-2019 kembali menyampaikan komitmen untuk meneyelesaikan program dan kegiatan sebelum masa jabatannya berakhir.

“Dengan demikian, harapan terwujudnya pemilihan personalia yang ingin dicapai melalui mekanisme yang ada akan lebih baik lagi kedepannya sehingga DKJB tetap konsisten memajukan kebudayaan di Jawa barat,” ujarnya.(Red/***).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *