Januari – Februari Cuaca Ekstrim Menghantui kota Batu, Imbau Masyarakat Waspada

oleh
Longsor klemuk Songgoriti

KOTA BATU, Selasa (9/1/2018) suaraindonesia-news.com – Badan Peanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kota Batu menghimbau kepada masyarakat, wisatawan yang berkunjung ke Kota Batu dan khususnya warga kota Batu untuk meningkatkan kewaspadaan. Karena Badan Metrologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi puncak hujan akan terjadi pada Januari hingga Febuari 2018 yang akan bisa berdampak banjir dan tanah longsor.

Abdul Rochim Kasi Logistik BPBD kota Batu mengatakan cuaca ekstrim yang terjadi di kota Batu diperkirakan akan berlangsung Januari hingga Febuari 2018, BPBD meminta kepada masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan.

“Masyarakat kami himbau untuk waspada, karena BMKG memperkirakan Januari Febuari terjadi cuaca ekstrim di kota Batu, waspadai ketika terjadi Hujan deras, angin kencang, agin putting beliung serta bencana banjir dan tanah longsor, serta pohon tumbang,” kata Abdul Rochim saat ditemui usai meninjau tanah longsor di wilayah kota Batu, Selasa (9/1/2018).

Ia juga mengatakan, hujan deras yang terjadi di Kota Batu dan sekitarnya, Senin (8/1/2018) malam menyebabkan beberapa jalan utama dan jalan alternative di Kota Batu terjadi longsor hingga menimbulkan kemacetan arus lalu lintas, namun sekarang jalan terjadi longsor itu sudah bisa dilewati kendaraan roda dua maupo roda empat atau lebih.

Baca Juga: Gubernur Jatim Sebut Kontribusi Perhotelan di Kota Batu Masih Rendah 

“Akibat hujan deras dan banjir, tadi malam itu setidaknya ada tiga titik longsor, yakni kawasan Payung Songgoriti, Kawasan Klemuk Songgoriti dan Dusun Toyomerto Desa Pesanggrahan, yang menyebabkan arus lalu lintas dari Kediri/Jombang ke Malang mengalami kemacetan hingga beberapa jam,” jelasnya.

Ia juga menambahkan, di kawasan Klemuk gunung banyak Songgoriti di jalur alternative ada tiga titik rawan longsor di koordinat S 07 derajat51’30.1 dan E 112 derajat 29’37.0, dihimbau kepada pengguna jalan untuk berhati-hati karena sewaktu-waktu bisa terjadi longsor.

Untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan di jalur utama yang terjadi longsor di Kawasan paying dan Klemuk, kata dia, warga, BPBD, Kodim, Polres Batu, Koramil dan Garda Relawan melakukan langsung malam itu melakukan pembersihan material longsor.

Reporter : Adi Wiyono
Editor : Agira
Publisher : Tolak Imam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *