Jalan Pura Giri Arjuno, Dianggarkan Rp 6,3 M

Pura Giri Bangun

Kota Malang, Suara Indonesia-News.Com  – Jalan Pura Giri Arjuno  yang terletak di lereng Gunung Arjuno, Desa Tulungrejo Kecamatan Bumiaji, yang kondisinya rusak parah.  Tapi tahun 2015 ini  akan  jalan tersebut akan berubah 180 derajat.  Pemkot Batu akan membangun dengan menggunakaan Anggaran Pendapatan elanja Daerah (APBD) tahun 2015 sebesar Rp 6,3 Miliar.

Peremajaan aspal dan pembuatan gorong-gorong  menuju wisata petik apel dan pura Giri Arjuno  ini menyusul protes warga, karena jalan  yang setiap hari dilewati para wisatawan itu rusak parah seperti kali mati.

“Sejak tahun  3 tahun lalu kondisi jalan menuju Giri  Arjuno rusak parah, saking parahnya kendaraan roda empat menuju wisata petik apel dan pura Giri Arjuno  tidak mampu melawati jalan ini, akhirnya warga protes melalui Musrenbang Kecamatan” kata pendik warga  Dusun Junggo desa Tulungrejo Kecamatan Bumiaji.

Tri Mulyanto kasi  bina marga
Tri Mulyanto kasi bina marga

Bila  tahun ini, kata Pendik dilakukan peremajaan aspal,  warga Junggo merasa senang  sehingga diharapkan  dengan pengaspalan  kendaraan roda empat sudah bisa melalui jalan tersebut,karena warga disini  rela memberikan fasilitas pelebaran jalan secara gratis tanpa ganti rugi” Kata dia.

Sementara itu  Susilo Trimulyanto kabid Bina Marga, Dinas Pekerjaan Umum  Pengairan Dan Bina Marga  Pemkot Batu, saat ditemui, Senin (27/7) tidak membatah adanya desakan warga agar  jalan Pura Giri Arjuno di bangun kembali.

“Ya memang betul ada tuntutan warga agar Pemkot segera melakukan perbaikan aspal dan perbaikan gorong-gorong, karena jalan yang menuju wisata religius bagi umat Hindu itu rusak parah” Jelas Susilo.

Menurutnya, jalan tersebut beberapa tahun lalu telah dibangun oleh Pemkot Batu, namun sekarang kondisinya rusak parah. Hal tersebut kata dia ada beberapa factor diantaranya adalah kwalitas bangunan sangat rendah atau jelek.

“Berikutnya juga bisa karena factor alam,  aspal tergerus air saat terjadi hujan lebat  sehingga menimbulkan kerusakan, selain itu juga karena kendaraan yang lewat melibihi tonase atau kapasitas jalan” tuturnya.

Laki-laki yang suka menyenyi lagu rock ini, juga menyebut  jalan sepanjang 3,5 kilometer itu  akan ada sebagian jalan yang akan dilebarkan, semula empat meter menjadi 6 meter. Dan dilakukan pembangunan gorong-gorong, plengsengan, penataan dan pengerasan jalan.

 “Karena ada sebagian masyarakat  yang rela tanahnya  diberikan  untuk fasilitas umum. Pemkot mengucapkan trima kasih. Dan jalan tersebut akan rampung Desember 2015” jelasnya  (Adi Wiyono).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here