Jakarta Dikepung Banjir, 30 Pasar Tradisional Terendam

Jakarta, Suara Indonesia-news.com -Sebagian wilayah di DKI Jakarta mengalami banjir besar hari ini, akibatnya 30 pasar atau 17% dari total pasar tradisional di Jakarta terendam atau terganggu aksesnya. Pasar tradisional terkena dampak banjir secara langsung maupun tidak langsung.

“Ada 30 pasar tradisional yang hari ini terkena dampak karena banjir baik secara langsung maupun tidak langsung,” kata Sekjen Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) Ngadiran kepada detikFinance, Rabu (5/2/2014).

Pasar-pasar itu tersebar di seluruh wilayah di DKI Jakarta. Gangguan terjadi umumnya karena akses jalan menuju pasar mengalami banjir atau pasar yang terendam air. Khusus di Jakarta Timur, belum ada laporan adanya pasar yang terkena dampak banjir.

“Yang jelas pasar di Jakarta Barat dan Jakarta Utara paling banyak kena dampak banjir, Jakarta Pusat dan Jakarta Selatan tidak kena banyak. Gangguannya begini misalnya Pasar Cipulir itu kering tetapi akses jalan ke pasar banjir. Sebarannnya dari 30 pasar itu di Jakarta Utara dan Jakarta Barat tadi itu ada 26 pasar, Selatan 2 pasar, Jakarta Pusat ada 2 pasar. Jakarta Timur sementara masih aman,” tuturnya.

Jumlah pasar tradisional di DKI Jakarta saat ini berjumlah 173 pasar, diantaranya sebanyak 153 pasar dikelola oleh PD Pasar Jaya dan 20 pasar dikelola Dinas Koperasi Pasar. Ia mengaku adanya dampak banjir membuat omzet para pedagang berkurang drastis.

“Jumlah pedagang di pasar seluruh Jakarta itu ada 82.000. Yang kena dampak banjir hari ini kalau kita hitung ada 30% atau kurang lebih 25.000 pedagang mungkin omzetnya berkurang bahkan tutup,” jelasnya.

 

Sumber : Detik.Com


Warning: A non-numeric value encountered in /home/suaraindonesia/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here