Jaga Keutuhan Bangsa, Jember Akan Menggelar Sarasehan Pancasila

oleh -9 views
Bupati Jember, dr. Hj. Faida, MMR dan Dandim 0824 Jember, Letkol. Inf. Arif Munawar bertemu Ketua BPIP, Prof. Yudi Latief, Ph.D di Jakarta (Foto: Humas for Suara Indonesia News)

JAKARTA, Kamis (8/3/2018) suaraindonesia-news.com – Menjaga persatuan bangsa, serta mengokohkan nilai-nilai Pancasila kepada masyarakat menjadi alasan utama akan diselenggarakannya Sarasehan Penguatan Bela Negara melalui Pemahaman Pancasila oleh Bupati Jember, dr. Hj. Faida, MMR dan Dandim 0824 Jember, Letkol Inf. Arif Munawar.

Untuk mempersiapkan acara tersebut yang rencananya akan digelar pada 12 Maret 2018 di Aula PB. Sudirman Pemkab Jember, Bupati Faida dan Dandim Arif bertemu dengan Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Prof.Yudi Latief, Ph.D di Kantor Sekretariat Kabinet Jakarta, Rabu (7/3).

“Ini merupakan inisiatif yang luar biasa dari Pemkab dan Kodim Jember, memantapkan lagi ideologi Pancasila, seperti kata Bung Karno, Pancasila itu memang digali dari bawah, dari rakyat Indonesia,” tutur Yudi Latief.

Yudi menambahkan bahwa Pancasila itu layaknya sebuah pohon, perlu dipupuk dan dirawat.

Baca Juga: Pemkab Jember Berharap APKASI Bantu Benahi Pengelolaan APBD 

Hal ini juga menjadi kebutuhan yang sangat urgent mengingat belakangan ini Indonesia dihantam oleh upaya-upaya memecah keutuhan bangsa, sebut saja penyebaran isu PKI oleh MCA yang baru-baru ini berhasil diringkus oleh Kepolisian, gerakan menakut-nakuti para kyai melalui pesan-pesan singkat oleh oknum tidak bertanggung jawab.

Sarasehan pemahaman Pancasila tersebut rencananya akan mengundang sejumlah narasumber di antaranya Prof. Yudi Latief, Ph.D., Frans Magnis Suseno, Prof. Widodo Eka Tjahjana, dan Mahfud MD.

Yudi Latif menambahkan jika Pancasila ingin dijadikan arus utama maka harus bekerjasama dengan Pemerintah tingkat Kabupaten.

“Jadi sepakat mengawal Republik Indonesia ini dengan Pancasila karena Pancasila dari kita, oleh kita dan untuk kita,” tegasnya.

Dandim 0824 Jember, Letkol Inf. Arif Munawar menyampaikan bahwa pihaknya senang acara tersebut melibatkan banyak pihak supaya masyarakat dapat memahami serta mengamalkan nilai-nilai Pancasila.

“Pancasila bisa menjadi dasar hukum kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Kodim 0824 Jember akan menghadirkan para Babinsa sekitar 250 orang lebih, juga para Danramil ikut sarasehan nanti,” tutur Letkol Inf. Arif Munawar.

Sementara itu, Bupati Jember, dr. Hj. Faida, MMR menyampaikan bahwa Sarasehan Pancasila ini juga akan mengundang berbagai tokoh masyarakat.

“Para audien yang akan hadir antara lain para guru PPKN, tokoh agama, tokoh masyarakat, tutor satu sekolah satu TNI, termasuk juga para takmir masjid agar komunikasi tentang pemahaman Pancasila ini bisa dilaksanakan dengan baik, acara ini juga komitmen warga Jember tentang bela negara,” tutur Bupati Jember, Faida.

Reporter: Guntur Rahmatullah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *