Jadi Calon Wabup, Kadinsos Situbondo Mengundurkan Diri dari ASN

oleh -63 views
Kepala Dinas Sosial Kabupaten Situbondo, Abu Bakar Abdi.(dok)

SITUBONDO, Selasa (21/7/2020) suaraindonesia-news.com – Dipercaya para Masyayikh sebagai calon wakil bupati (Cawabup) untuk mendampingi calon bupati (Cabup) Ir H Yoyok Mulyadi dalam kontestasi Pilkada Desember 2020 mendatang, Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Kabupaten Situbondo Jawa Timur, Drs Abu Bakar Abdi rela mengajukan surat pengunduran diri sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN).

Hal itu dipastikan, ketika Abi panggilan akrab Abu Bakar Abdi mengaku sudah mengajukan surat pengunduran dirinya ke Badan Kepegawaian dan Pengembang Sumberdaya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Situbondo yang berlokasi di jalan Madura Kelurahan Mimbaan Kecamatan Panji.

“Per hari ini saya sudah mengajukan surat pengunduran diri atau pensiun dini, ke BKPSDM Kabupaten, selanjutnya itu menjadi kewenangan Kabupaten untuk meneruskan surat itu ke Pemerintah Pusat,” jelas Abu Bakar, kepada sejumlah wartawan, Selasa (21/7/2020).

Menurut mantan Kepala Dinas Kesehatan ini, meski sementara ini dirinya dipercaya menjadi calon wakil bupati mendampingi H Yoyok Mulyadi, namun dirinya mengaku masih belum mempersiapkan apapun, karena statusnya memang masih sebagai ASN.

“Mungkin bulan Agustus ini surat pengunduran diri saya sudah turun dari pusat. Nah, kalau sudah turun, barulah bisa melakukan aktifitas yang berkaitan dengan kegiatan berpolitik, sementara ini saya masih beraktifitas seperti biasanya layaknya ASN,” paparnya.

Lebih jauh Abu menegaskan, meski masa jabatannya masih tersisa lima tahun untuk pensiun, dirinya rela mengundurkan diri sebagai ASN, demi mendampingi Yoyok Mulyadi dalam Pilkada, lantaran memang melaksanakan amanat yang diberikan oleh sejumlah masyayikh kepada dirinya.

“Awalnya itu istri saya yang dipanggil oleh pengasuh Ponpes Wali Songo, Kiai Kholil As’ad, jika saya akan ditunjuk sebagai wakil mendampingi Pak Yoyok. Karena ini adalah hasil keputusan para masyayikh, saya dan istri tidak bisa menolak, meski saya sebenarnya juga sempat kaget kenapa saya yang dipercaya,” pungkas Abu.

Seperti diketahui, sebelumnya Ir H Yoyok Mulyadi sudah mengisi surat pernyataan kesiapan untuk maju sebagai calon Bupati Situbondo dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Dalam kesempatan itu, Abu Bakar Abdi yang tidak mengisi surat pernyataan, karena statusnya masih sebagai ASN.

“Jadi masih Pak Yoyok yang sudah mengisi surat kesiapan itu, kalau Pak Abu masih menunggu pengunduran dirinya dari ASN,” jelas Wakil Ketua Dewan Tanfidz DPC PKB Situbondo, Edy Wahyudi beberapa hari lalu.

Reporter : Ugik
Editor : Amin
Publisher : Ela

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *