Inspektorat Tanggamus Segera Tindak Lanjuti Oknum PJ Kepala Pekon Tirom Terkait Indikasi Pemotongan BLT DD

oleh -192 views
Sekertaris Inspektorat Tanggamus Gustam A, S. Sos, MM

TANGGAMUS, Kamis (07/07/2022) suaraindonesia-news.com – Inspektorat Tanggamus berjanji akan segara menindak lanjuti terkait pemberitaan di beberapa Media Online terkait indikasi pemotongan Bantuan Lansung Tunai (BLT DD) Pekon Tirom Kecamatan Pematang Sawa, Kabupaten Tanggamus Dua ratus ribu rupiah yang dilakukan oknum Pejabat (Pj) Kepala Pekon setempat.

Menurut Inspektur yang diwakili Sekertaris Inspektorat Tanggamus Gustam A, S. Sos, MM., mengatakan, pihak nya akan segera menindak lanjuti pemberitaan tersebut.

“Terkait pemberitaan rekan rekan Jurnalis masalah indikasi pemotongan BLT DD Pekon Tirom sudah kami baca dan dipelajari dan akan kita tindak lanjuti,” katanya saat ditemui dikantornya. Kamis (07/07/2022).

Ia berjanji secepatnya akan memanggil dan meminta klarifikasi terkait persoalan tersebut.

“Jika memang betul seperti apa yang rekan rekan beritakan maka kami akan lakukan penindakan, karena dalam penyaluran Bantuan Lansung Tunai (BLT DD) tersebut ada aturannya,” terangnya.

Menurutnya, mengenai aturan penyaluran Bantuan Langsung Tunai tersebut tertuang pada PMK peraturan mentri keuangan nomer 190 dan isinya BLT-DD tersebut harus disalurkan pada masyarakat yang berhak menerima atau keluarga kurang mampu.

“Jadi tidak dibenarkan Bantuan Lansung Tunai Dana Desa Tersebut dipotong,” tegas Gustam.

Gustam menambahkan, dengan peraturan presiden nomor 104, Anggaran Dana Desa wajib disalurkan sebanyak 40% dari Anggaran Dana Desa, kalau masyarakat banyak yang belum mendapatkan Bantuan Lansung Tunai dari 40% Dana Desa yang sudah di Anggarkan maka kedepan masih bisa dianggarkan lebih dari 40%, bisa lima puluh persen bahkan bisa juga enam puluh persen, bukan malah dipotong.

“Untuk itu kami segera akan lakukan pemanggilan terhadap Pejabat (Pj) Kepala Pekon Tirom Kecamatan Pematang Sawa tersebut,” pungkas Gustam.

Sementara Amrijal selaku PJ Kakon Tirom mengakui adanya informasi pemotongan BLT DD tersebut sesuai hasil musyawarah semua aparat pekon dengan ketua Badan Hipun Pemekonan (BHP) beserta anggotanya.

“Pemotongan kami lakukan dengan tujuan untuk pemerataan bagi masyarakat yang tidak menerima bantuan,” terangnya saat dikonfirmasi awak media di Kantor Kecamatan Pematang Sawa Tanggamus.

Reporter : Hery
Editor : Redaksi
Publisher : Romla

Tinggalkan Balasan