HUT Kemri Ke – 75, 7 Desa Di Nisel Dapat Kado Listrik Masuk Desa, Bupati Apresiasi Kenerja PLN

oleh -78 views
Peresmian listrik di 7 Desa di wilayah Nias Selatan.

NIAS Selatan, Selasa (18/8/2020) suaraindonesia-news.com – Sebagai bentuk komitmen sekaligus mendukung proses pemerataan listrik pedesaan, serta demi terwujudnya energi berkeadilan, PT PLN (Persero) terus melakukan pembangunan jaringan di seluruh Indonesia, khususnya di Sumatera Utara.

Untuk mewujudkan itu, PLN Unit Induk Wilayah Sumatera Utara, harus berjibaku dilapangan. Terutama dalam menjalankan program listrik pedesaan di kawasan sulit terjangkau seperti di Kabupaten Nias Selatan.

Berbagai rintangan dikesampingkan, bahkan menerobos hutan belantara juga tak dipedulikan demi mengangkut material jaringan diantara bukit terjal juga harus dilakukan demi merealisasikan komitmen.

5 bulan berjuang, semua jerih payah akhirnya terbayar. Bertepatan pada HUT Republik Indonesia ke-75 pada hari ini, Senin, 17 Agustus 2020, PLN meresmikan penyalaan Listrik Pedesaan di 7 Desa di Kabupaten Nias Selatan.

Kado indah dari Listrik Pedesaan di Hari Kemerdekaan itu, dapat dinikmati masyarakat Desa Fanedanu, Desa Sisiwa Ewali, Desa Lolozukhu, Kecamatan Ulu Idanotae. Desa Na’ai dan Desa Hilisaoto di Kecamatan Siduaori. Desa Sinar Susua, Kecamatan Somambawa dan Desa Hiliorahua Tasua, Kecamatan Susua.

Dalam peresmian yang digelar di Desa Fanedanu, Kecamatan Ulu Idanotae, Kabupaten Nias Selatan, General Manager PLN UIW Sumut, M Irwansyah Putra mengatakan, Listrik Pedesaan merupakan amanat pemerintah melalui Kementerian ESDM untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Panjang jaringan yang di bangun 14,649 kMS Jaringan Tegangan Menengah, 14,896 kms Jaringan Tegangan Rendah serta 10 Unit Gardu dengan total 450 kVA.

Ke depan kata Irwansyah, pihaknya melalui UP2K juga akan terus melistriki seluruh kawasan terpencil di Nias Selatan termasuk di pulau-pulau terluar.

“Kita akan berupaya merealisasikan sampai ke pelosok termasuk pulau terluar di tahun 2021 dan 2022 mendatang,” tandasnya.

Sedangkan Bupati Nias Selatan Hilarius Duha yang turut hadir dalam peresmian itu, sangat mengapresiasi kinerja PLN UIW Sumut yang terus berupaya mewujudkan komitmennya dalam melistriki seluruh pelosok Sumatera Utara.

“Kami sangat bangga dengan berterimah kasih atas upaya PLN untuk menerangi kabupaten Nias selatan,” ucap Bupati Nias Selatan.

Sementara, sebagai simbolis peresmian listrik pedesaan di 7 desa tersebut, GM PLN UIW Sumut M Irwansyah Putra, Bupati Hilarius Duha, Manager UP3 Nias Darwin simanjuntak, unsur Forkopimcam di Ulu Idanotae, tokoh masyarakat dan agama, secara bersama-sama melakukan penekanan tombol dan penyalaan listrik dikediaman warga.

Reporter : Topan
Editor : Amin
Publisher : Ela

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *