Hujan Tak Menentu, Petani Tembakau Resah

Tanaman tembakau terancam busuk dan layu akibat hujan yang tidak menentu.

Reporter : Nora/Luluk

Sampang, suaraindonesia-news.com – Petani tembakau di Kabupaten Sampang mengaku resah dengan keberadaan tanaman mereka karena kondisi cuaca yang kurang bersahabat.

Sebab dalam beberapa hari terakhir, hujun mengguyur wilayah Sampang dan sekitarnya. Kondisi tersebut membuat tanaman tembakau mereka tergenang air dan terancam membusuk.

Hal itu diungkapkan Subairi, salah satu petani tembakau asal Dusun Kasenih, Kelurahan Karang Dalam, Kecamatan Sampang, Senin (18/7/2016). Saat ini tanamannya tergenang air ketika hujan mengguyur hampir sehari penuh.

“Tanaman tembakau mulai tergenang air sejak kemarin, bahkan hari ini kembali hujan dan membuat lahan tanaman kembali tergenang air,” ungkap Subairi.

Bahkan kondisi tanamannya sejak kemarin mulai terlihat layu, sebab genangan air membuat tanaman tidak tumbuh dengan baik seperti layaknya tanaman tembakau dalam kondisi normal.

“Sebab kalau tanaman tembakau kebanyakan air, itu bisa mambuat tanaman membusuk,” jelasnya.

“Kalau seperti ini terus, kemungkinan besar kami akan mengalami kerugian. Karena tidak mungkin tanaman tembakau bisa tumbuh baik dengan kondisi seperti ini,” keluhnya.

Selain itu, pihaknya berharap kondisi tersebut segera berlalu. Sehingga ia bisa kembali merawat tenamannya hingga tumbuh dengan baik.

“Kami berharap cuaca kembali normal, sekalipun saat ini kami merasa cemas dengan keadaan tanaman tembakau,” pungkasnya.


Warning: A non-numeric value encountered in /home/suaraindonesia/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here