Hindari Kecurangan, BKD Ganti Sistem Absensi Wajah

Absensi Wajah

Reporter : Adi Wiyono

Kota Batu, Suara Indonesia-News.Com  – Uintuk menghindari adanya kecurangan dalam absensi mulai masuk kerja dan pulang kerja  di Lingkungan Pemkot Batu. Kini  Badan Kepegawaian Daerah (BKD) kota Batu melakukan penggunaan system baru yaitu system absensi wajah.

Pergantian sistem absensi yang semula menggunakan sistem sidik jari, kini di ubah dengan menggunakan wajah atau face. Hal ini  dilakukan agar para PNS  tidak bisa melakukan kecurangan dengan menitipkan cetakan jari kepada PNS  lainya saat melakukan absensi.

“Dengan system lama, ditenggarai system absensi dengan menggunakan system sidik jari banyak terjadi kecurangan, mereka cukup menitipkan cetakan jari pada temannya, mereka sudah lolos dan dianggap telah masuk kerja sesuai dengan jadwal” kata M Muslih, Kasubid Formasi dan Pengadaan Pegawai-BKD kota Batu, saat ditemui disela-sela  pendataan absensi, di kantor terpadu Block Office, Senin (4/1/2016)

Karena banyaknya terjadi kecurangan oleh pegawai yang nakal, kata dia, BKD kota Batu melakukan perekaman data face atau wajah para PNS  di kota Batu, termasuk pegawai Honorer, tetapi absensi ini tidak berlaku kepada para guru PNS di lingkungan Pemkot Batu, karena guru selain miliki tanggung jawab kepada pemkot Batu, mereka juga memiliki tanggung jawab terhadap sekolahnya  atau kepala sekolah.

Di kantor terpadu Block Office, kata dia ada sekitar 2000 PNS di 35 SKPD, karena demi pengawasan dan tanggung jawab sebagai abdi Negara, abdi masyarakat.

“Maka sebagai tindak lanjut dari kebijakan pemkot Batu yang mengubah sistem absensi dari sidik jari di ganti dengan penggunaan wajah atau face demi tanggung jawab sebagai pegawai” ucapnya

Muslih, juga mengatakan jika diubahnya sistem absensi dari penggunaan jari menjadi wajah ini selain sebagai bentuk antisipasi adanya kecurangan dan juga sebagai  ketidak akuratan dalam memperoleh data absensi para PNS

Absensi dengan penggunaan sidik jari, kata dia banyak kelemahan, kalau sidik jari bisa di duplikatkan dan absensi bisa di titipkan melalui temannya tetapi system yang baru ini tampaknya sulit untuk melakukan tindakan indisipliner

Dia juga menyebut, untuk kelebihan absensi wajah ini bisa di lakukan di mana saja terutama bagi para PNS yang berkantor di gedung block office atau kantor terpadu di Jalan panglima sudirman kota Batu, keberadaannya selalu terpantau, di harapkan dengan penggunaan sistem ini dapat meningkatkan kedisiplinan para PNS di kota Batu dalam bekerja.

Sementara itu BKD  kota Batu akan melakukan penjadwalan perekaman data para masing –masing SKPD  sekota Batu, mulai 4 Januai hingga tanggal 22 Januari 2016.


Warning: A non-numeric value encountered in /home/suaraindonesia/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here