Himbauan Kapolres Pamekasan Saat Apel Pengamanan Pemilu 2019

PAMEKASAN, Jumat (22/03/2019) suaraindonesia-news.com – Kepolisian Resort (Polres) Pamekasan menggelar Apel pasukan dalam rangka pengamanan menghadapi Pemilu 2019 mendatang, di Halaman Pendopo Ronggosukowati Pamekasan, Jumat (22/03/2019).

Apel tersebut merupakan apel gabungan antara Unsur TNI, Polri, Linmas, Satpol PP dan serta Jajajaran Forkopimda Pamekasan.

Kapolres Pamekasan, AKBP Teguh Wibowo S,I.K menghimbau agar aparat Polri-TNI menindak tegas para pengganggu Pemilu 2019, sebagaimana pesan Menkopolhukam, Wiranto.

Menurut Teguh Wibowo, hoax atau informasi Bohong adalah bentuk lain dari teror kepada masyarakat, karena bisa menimbulkan keresahan di masyarakat. Untuk itu ia meminta agar aparat keamanan dapat mendewasakan masyarakat dalam berdemokrasi sehingga tidak mudah terprovokasi dengan isu-isu informasi bohong atau hoax yang beredar dan menimbulkan keresahan.

“Saya sangat meyakini bahwa unsur Babinsa dan Bhabinkamtibmas serta perangkat pemerintahan pada strata desa/kelurahan sangat menguasai situasi di wilayahnya. Dengan bekal inilah saudara diharapkan mampu menjaga stabillitas keamanan dalam penyelenggaraan Pemilu Serentak Tahun 2019,” katanya.

Diakhir sambutannya, Kapolres yang membacakan sambutan Menko Polhukam RI menyampaikan beberapa penekanan untuk dijadikan pedoman bersama dalam melaksanakan tugas pengamanan pemilu 2019.

Pertama pahami bahwa tugas pengamanan Pemilu adalah kehormatan dan kebanggaan yang tidak dapat dinilai dengan apapun sekaligus menjadi amal ibadah.
Kedua, jalin sinergitas TNI-Polri, dan seluruh komponen masyarakat guna mewujudkan keamanan dan kelancaran pelaksanaan tugas, ketiga segera kenali, cari, temukan dan atasi serta netralisir potensi kerawanan agar tidak berkembang dan menggangu penyelenggaraan Pemilu.

Keempat tindak tegas sesuai aturan hukum yang berlaku tehadap pihak-pihak yang mencoba mengganggu kelancaran pemilu, kelima Babinsa dan Bhabinkamtibmas harus mampu ikut serta menenangkan masyarakat agar tidak resah dengan menyebarnya informasi hoax serta menguatnya politik identitas yang dapat menggerus disintegrasi bangsa.

Dan yang keenam Inventarisir dan berkoordinasi dengan tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda serta tokoh masyarakat untuk memberikan rasa tenang kepada masyarakat sehingga masyarakat dapat menggunakan hak pilihnya dengan aman.

Usai apel gelar pasukan acara dilanjutkan dengan pemeriksaan alusista yang akan digunakan dalam mendukung pengamanan pemilu 2019.

Reporter : May/Ita
Editor : Amin
Publisher : Imam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here