Heri Cahyono: Penanaman Pohon Adalah Pencegahan Datangnya Penyakit

Kegiatan sebelum penanaman poho di MTs Miftahus Salam

BOGOR, Minggu (25/03/2018) suaraindonesia-news.com – Penanaman pohon adalah bahagian dari pencegahan datangnya penyakit, karena jika suatu daerah tersebut dipenuhi dengan pohon maka oksigennya akan bagus.

“Dari kebersihan dan oksigen yang dihasilkan dari pohon dapat mencegah datangnya penyakit,” demikian dikatakan salah satu inisiator Gerakan Tanam Pohon (GTP) Heri Cahyono S.Hut kepada wartawan saat menanam pohon di MTs Miftahus Salam Kelurahan Pasir Mulya Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, Jawa Barat, Minggu (25/03).

Dikatakan Heri, seharusnya Kota Bogor belajar dari Kota Surabaya, dimana Kota Surabaya sendiri kota yang berada di dekat laut, tetapi sejuknya seperti kota dipegunungan.

“Saya heran, saat saya berkunjung ke Kota Surabaya kotanya sangat sejuk, padahal keberadaan kotanya dipinggir laut, ternyata di semua kantor, sekolahan dan jalan jalan seperti hutan,” ungkapnya.

Baca Juga: Hutan Lindung Dirusak, Laskar Hijau Bersama Siswa Siswi MAN Lumajang Tanam Pohon

Menurutnya Kota Bogor sendiri sudah seharusnya mencontoh Kota Surabaya dimana pemerintahan setempat peduli akan lingkungan, apalagi Kota Bogor jauh dari laut, sudah seharusnya udaranya sejuk.

Selain itu kata Heri, salah satu pulau di Madura Kecamatan Dungkek, Kabupaten Sumenep, Madura yang diklaim memiliki kadar oksigen terbaik kedua di dunia setelah Yordania Gili Iyang yang dikunjunginya, rata rata usia warga disana diatas 80 tahun.

“Kenapa penduduk di pulau Gili Iyang mempunyai harapan hidup lebih tinggi dibandingkan dengan di tempat lain, karena oksigen yang dihirup oleh penduduk disana lebih bagus, bisa gak kita di kota bogor ini menciptakan udara yang bagus, kalo setiap lahan yang kosong di kota bogor ini ditanami, saya yakin kualitas oksigen kita akan bagus, kalau kualitas oksigen kita bagus otomatis badan kita akan sehat dan harapan usia kita akan tinggi,” terangnya.

Dengan dua contoh di atas kata Heri, penggiat GTP tidak pernah bosan untuk menanam pohon setiap minggu termasuk di sekolah sekolah seperti penanaman hari ini di Mts Miftahus Salam.

Kepala sekolah Mts Miftahus Salam Waskito Sulaiman menyambut baik sosial yang dilaksanakan oleh penggiat GTP, karena menurutnya yang dilakukan penggiat GTP adalah kerja nyata.

Selain itu kata Waskito, dengan ditanamnya pepohonan apalagi pohon yang berbuah, selain membuat oksigen semakin baik akan berguna juga bagi makhluk lain termasuk memelihara populasi burung pungkasnya.

Reporter : Iran G Hasibuan
Editor :  Amin
Publisher : Imam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here