Heri Cahyono Hadiri Undangan HUT Kebon Raya Ke 200

Kepala Pusat Konservasi Tumbuhan-LIPI Kebun Raya Bogor, Didik Widyatmoko (kanan baju merah) wakil ketua DPRD Kota Bogor Heri Cahyono (tengah baju putih)

Reporter: Iran G Hasibuan

Bogor, Minggu (27/11/2016) suaraindonesia-news.com – Dalam rangka memperingati hari tanam pohon indonesia sekaligus dalam rangkaian acara HUT kebun raya ke 200 tahun sabtu (26-11),wakil ketua DPRD Kota Bogor,Heri Cahyono turut menghadiri undangan dari kebun raya bogor.

Dalam acara tersebut dibagikan sekitar 10 ribu pohon berbagai jenis seperti bisbul, kenari, matoa, sempur, kemang, dan lain lain kepada para penggiat lingkungan serta masyarakat Bogor dan Cianjur.

Heri Cahyono yang juga alumni Fahutan IPB angkatan 28 mengatakan bahwa kebun raya adalah aset kota bogor walaupun pengelolaannya bukan dibawah pemerintah kota bogor namun kebun raya sudah menjadi ikon penting bagi kota bogor ujarnya.

Heri menambahkan bahwa kota bogor dari dulu sudah terkenal dengan sebutan kota hujan dan kota dengan aneka tanaman dan vegetasi dengan kebun raya sebagai maskotnya, namun dengan laju pembangunan saat ini, dimana konversi lahan menjadi perumahan dan pemukiman sangat besar membuat ruang terbuka hijau yang dimiliki oleh kota bogor juga berkurang sehingga jika kita tidak ada kebun raya maka wajah kota bogor sudah berubah sama sekali, imbuhnya.

Dirinya berharap pihak kebun raya mempunyai peran aktif didalam menjaga dan mengembalikan cirikhas kota bogor yaitu kota dengan aneka vegetasi tanaman, yaitu dengan memberikan pendidikan lingkungan kepada sekolah sekolah dikota bogor dan mendorong kesadaran masyarakat untuk cinta menanam pohon.

“Tentu saja dengan bantuan bibit tanaman dari kebun raya karena banyak masyarakat yang ingin menanam tamaman utama kota bogor tetapi tidak tau bagaimana cara mendapatkan pohonnya”. Ujarnya.

Dengan kegiatan membagikan pohon pada hari ini,Heri Cahyono selaku Wakil DPRD Kota Bogor memberikan apresiasi kepada kebun raya dan berharap akan terus dilakukan, jelasnya.

Sementara Kepala Pusat Konservasi Tumbuhan-LIPI Kebun Raya Bogor, Didik Widyatmoko mengatakan 10.000 bibit pohon tersebut disumbangkan kepada masyarakat dan penyelamatan Daerah Aliran Sungai (DAS) Ciliwung.

Dikatakan Didik bahwa sebanyak 4.000 bibit diberikan kepada kelompok tani di sekitar DAS Ciliwung, sedangkan 6.000 bibit lainnya disumbangkan kepada pengunjung Kebun Raya Bogor.

Didik juga mengatakan, dengan kegiatan tersebut masyarakat juga dapat berkontribusi melakukan penanaman di rumah masing-masing, dengan tanaman dari Kebun Raya Bogor.

Selain menyerahkan secara simbolis bibit tanaman tersebut, juga akan diantarkan oleh pihak Kebun Raya Bogor ke lokasi penanaman yang telah disepakati pada bulan Desember yang akan datang pungkasnya.


Warning: A non-numeric value encountered in /home/suaraindonesia/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here