Hasil Survei Indeks Kepuasan (IKM) Pasien RSUD Cibinong 2011-2014

oleh -123 views

Bogor, suaraindonesia-news.com – RSUD Cibinong merupakan salah satu Instansi Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor yang memberikan pelayanan publik, khususnya pelayanan kesehatan kepada masyarakat Kabupaten Bogor dan sekitarnya. 

Sesuai dengan amanat Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2000, maka untuk meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik perlu disusun Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) sebagai tolok ukur untuk menilai Tingkat Kualitas Pelayanan yang diberikan kepada masyarakat.

Indeks Kepuasan Masyarakat ini juga merupakan suatu cara untuk meningkatkan Sistem Pelayanan Kesehatan di Rumah Sakit. Dimana Pelayanan Rumah Sakit yang baik merupakan  standar akreditasi untuk menjamin keselamatan pasien yang mengacu pada The Joint Comission Internasional (JCI) for Hospital Accreditation.

Semakin baik pelayanan yang diberikan oleh Rumah Sakit, maka semakin baik pula pencapaian standar akreditasi rumah sakit tersebut.Pemerintah Pusat melalui Surat Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor : KEP/25/M.PAN/2/2004 menetapkan Pedoman Umum Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat Unit Pelayanan Instansi Pemerintah. Pedoman ini digunakan oleh RSUD Cibinong untuk menilai Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) yang mendapat pelayanan kesehatan.

Cara pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang terdiri dari 14 pertanyaan. Metode pengolahan data Nilai Kepuasan Masyarakat dengan menggunakan “NILAI RATA-RATA TERTIMBANG” Untuk memudahkan interpretasi terhadap penilaian Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM), yaitu antara 25 – 100, maka hasil penilaian tsb diatas dikonversikan nilai dasar 25, dengan rumus sbb:  

Nilai Persepsi

Nilai Interval IKM

Nilai Interval Konversi IKM

Mutu Pelayanan

Kinerja Unit Pelayanan

1

1.00 ─ 1.75

25      ─  43.75

D

Tidak Baik

2

1.76 ─2.50

43.76 ─ 62.50

C

Kurang Baik

3

2.51 ─3.25

62.51 ─ 81.25

B

Baik

4

3.26 ─4.00

81.26 ─100.00

A

Sangat Baik

Adapun 14 pertanyaan dalam kuesioner Indeks Kepuasan Masyarakat adalah meliputi :

1.Bagaimana pemahaman saudara tentang kemudahan prosedur pelayanan di unit ini?

2.Bagaimana pendapat saudara tentang kesamaan persyaratan pelayanan dengan jenis pelayanannya?

3.Bagaimana pendapat saudara tentang kejelasan dan kepastian petugas yang melayani?

4.Bagaimana pendapat saudara tentang kedisiplinan petugas dalam memberikan pelayanan?

5.Bagaimana pendapat sudara tentang tanggung jawab petugas dalam memberikan pelayanan?

6.Bagaimana pendapat saudara tentang kemampuan petugas dalam memberikan pelayanan?

7. Bagaimana pendapat saudara tentang kecepatan pelayanan di unit ini?

8.Bagaimana pendapat saudara tentang keadilan untuk mendapatkan pelayanan disini?

9.Bagaimana pendapat saudara tentang kesopanan dan keramahan petugas dalam memberikan pelayanan?

10.Bagaimana pendapat saudara tentang kewajaran biaya untuk mendapatkan pelayanan?

11.Bagaimana pendapat saudara tentang kesesuaian anatara biaya yang dibayarkan dengan biaya yang telah ditetapkan?

12.Bagaimana pendapat saudara tentang ketepatan pelaksanaan terhadap jadwal waktu pelayanan?

13.Bagaimana pendapat saudara tentang kenyamanan di lingkungan unit pelayanan?

14.Bagaimana pendapat saudara tentang keamanan pelayanan di unit ini?

RSUD Cibinong sebagai salah satu SKPD di Kabupaten Bogor telah melaksanakan Survei  Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) sejak  tahun 2011 sampai dengan tahun  2014. Dengan hasil sebagai berikut : 

HASIL INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT TAHUN 2011-2014                                     

     Hasil Indeks Kepuasan Masyarakat tahun 2011
§  Survey/Penilaian  Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) di RSUD Cibinong dilaksanakan pada seluruh bagian , yaitu : Unit Rawat Jalan dan Rawat Inap dengan responden sebanyak   196 orang.
§  Nilai Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) di RSUD Cibinong pada periode Bulan Agustus 2011 sebesar  73.10.
§  Berdasarkan Standar Nilai yang ditetapkan oleh Kem.Men.Pan. RI ,maka Mutu Pelayanan di RSUD Cibinong menurut Masyarakat adalah B atau Baik
§  Berdasarkan  Standar Nilai yang ditetapkan oleh Kem.Men.Pan. RI,maka Kinerja Unit Pelayanan di RSUD Cibinong menurut masyarakat adalah Baik

       Hasil Indeks Kepuasan Masyarakat tahun 2012
§  Survei /Penilaian  Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) di RSUD Cibinong dilaksanakan pada seluruh bagian , yaitu : Unit Rawat Jalan dan Rawat Inap dengan responden sebanyak   182 orang.
§  Nilai Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) di RSUD Cibinong pada periode Bulan Juli 2012 sebesar  73,45.
§  Berdasarkan Standar Nilai yang ditetapkan oleh Kem.Men.Pan. RI ,maka Mutu Pelayanan di RSUD Cibinong menurut Masyarakat adalah B atau Baik.
§  Berdasarkan  Standar Nilai yang ditetapkan oleh Kem.Men.Pan. RI,maka Kinerja Unit Pelayanan di RSUD Cibinong menurut masyarakat adalahBaik

       Hasil Indeks Kepuasan Masyarakat tahun 2013
§  SurveI/Penilaian  Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) di RSUD Cibinong dilaksanakan pada seluruh bagian , yaitu : Unit Rawat Jalan dan Rawat Inap dengan responden sebanyak   179 orang. 
§  Nilai Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) di RSUD Cibinong pada periode Bulan Juni 2013 sebesar  73,88.
§  Berdasarkan Standar Nilai yang ditetapkan oleh Kem.Men.Pan. RI ,maka Mutu Pelayanan di RSUD Cibinong menurut Masyarakat adalah B atau Baik.
§  Berdasarkan  Standar Nilai yang ditetapkan oleh Kem.Men.Pan. RI,maka Kinerja Unit Pelayanan di RSUD Cibinong menurut masyarakat adalah  Baik
.
      Hasil Indeks Kepuasan Masyarakat tahun 2014

§  Survei/Penilaian  Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) di RSUD Cibinong dilaksanakan pada seluruh bagian , yaitu : Unit Rawat Jalan dan Rawat Inap dengan responden sebanyak   196 orang.
§  
Nilai Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) di RSUD Cibinong pada periode Bulan April 2014sebesar  72,90.
§  
Berdasarkan Standar Nilai yang ditetapkan oleh Kem.Men.Pan. RI ,maka Mutu Pelayanan di RSUD Cibinong menurut Masyarakat adalah B atau Baik. 
§  
Berdasarkan  Standar Nilai yang ditetapkan oleh Kem.Men.Pan. RI,maka Kinerja Unit Pelayanan di RSUD Cibinong menurut masyarakat adalah  Baik. 

Tabel 1. Nilai Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Tahun 2011 s/d 2014

 

ANALISA HASIL SURVEY /PENILAIAN INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT (IKM) DI RSUD CIBINONG

Dari table 1 di atas, dapat kita ketahui bahwa nilai Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) di RSUD Cibinong sejak  tahun 2011 sampai dengan tahun 2014 berkisar pada angka 73, yang masuk dalam kategori BAIK.Dapat disimpulkan bahwa masyarakat yang memanfaatkan

Pelayanan RSUD Cibinong sejak tahun 2011 sampai dengan tahun 2014 merasa  PUAS terhadap Pelayanan yang diberikan oleh Pimpinan dan seluruh staf RSUD Cibinong.

Hasil ini sekaligus menjelaskan bahwa apabila masih ada keluhan masyarakat di Media Massa Yang merasa tidak puas ,bukanlah merupakan gambaran yang mewakili seluruh masyarakat; Melainkan seperti kata pepatah :“ TAK ADA GADING YANG TAK RETAK ” ,demikian pula  pelayanan RSUD Cibinong belum sempurna, masih ada sebagian kecil masyarakat yang belum puas terhadap pelayanan yang diberikan. Hal ini merupakan Motivasi bagi Pimpinan dan seluruh Staf RSUD Cibinong agar lebih meningkatkan lagi MUTU Pelayanannya.

Demikian hasil  Survey / Penilain  Indeks Kepuasan Masyarakat di RSUD Cibinong yang dilakukan sejak tahun 2011 sampai dengan tahun 2014; kiranya dapat menjadi tolok ukur bagi masyarakat yang memanfaatkan pelayanan kesehatan dan juga bagi Pimpinan dan seluruh Staf RSUD Cibinong untuk mempertahankan MUTU Pelayanan yang  sudah baik,bahkan meningkatkannya menjadi lebih baik lagi. (Iran G Hasibuan/Adv).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *