Hari Tani Nasional 2021, Bupati Jember : Saya Siap Tingkatkan Kesejahteraan Petani

oleh -408 views
Bupati Jember Hendy Siswanto memotong tumpeng dan diberikan kepada Ketua HKTI Jember. (Foto: Dok. Pemkab Jember)

JEMBER, Kamis (23/09/2021) suaraindonesia-news.com – Tanggal 24 September diperingati sebagai Hari Tani Nasional (HTN). Tanggal tersebut ditetapkan oleh Presiden Soekarno dalam Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 169 Tahun 1963.

Dalam sejarah agraria di Indonesia, tanggal 24 September juga bertepatan dengan disahkannya Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1960 tentang Peraturan Dasar Pokok-Pokok Agraria (UUPA 1960).

Peringatan Hari Tani Nasional di Jember dilaksanakan di Aula PB. Soedirman kantor Pemkab Jember, Kamis (23/09/2021). Acara ini dihadiri oleh para petani yang tergabung dalam Serikat Tani Independen (Sekti) Jember, Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Jember serta Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Jember secara luring dan daring.

Bupati Jember Hendy Siswanto menyatakan siap mendukung petani, mengawal petani supaya kesejahteraannya semakin meningkat.

“Saya ingin mengembalikan haknya masyarakat Jember siapapun itu dan tentunya sesuai regulasi yang ada,” kata Hendy Siswanto.

Hendy menyebut setidaknya ada 70 persen warganya yang berprofesi sebagai petani. Ini merupakan potensi bagus untuk sentra hasil pertanian, namun harus terkelola dengan baik supaya tidak merugi para petani.

Dia menilai selama ini petani cenderung mengejar  apa yang sedang naik daun atau harganya tinggi.

“Jagung mau naik harganya, semua menanam jagung sehingga hal itu akan mengakibatkan overproduksi, ketika overproduksi maka harga anjlok, begitu saja saya amati selama ini. Kami akan mengatur RTRW (baca: Rencana Tata Ruang dan Wilayah) dan menetapkan daerah ini kopi, daerah ini padi, daerah sana kedelai. Kami akan kelola itu semua, dan mengatur kestabilannya supaya tidak overproduksi dan kami ingin mengarahkan petani mengolah hasil taninya menjadi barang jadi, artinya jangan jual gabah tapi juallah beras sehingga ada nilai tambah,” tandasnya.

Reporter : Guntur Rahmatullah
Editor : Redaksi
Publisher : Syaiful

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *