Hari Ke-2 Fogging di Cigondang, Warga Bersyukur Bebas DBD

oleh -29 views
Foto : Pelaksanaan fogging di Kampung Laba, Rt 01, Rw 08, Desa Cigondang- Labuan.

PANDEGLANG, Senin (22/1/2024) suaraindonesia-news.com – Puluhan warga Desa Cigondang, Kecamatan Labuan, Pandeglang, Banten, antusias menyambut kedatangan petugas Puskesmas Labuan yang didampingi oleh gabungan wartawan dan Aliansi Forum Masyarakat Pandeglang (AFMP) guna melakukan pengasapan (fogging) diwilayahnya. Senin (22/1/2024).

Pengasapan (fogging) hari ke-2 masih dilakukan oleh petugas Puskesmas Labuan bersama AFMP, setelah sebelumnya melakukan fogging di wilayah Rw. 04 yang meliputi 3 Rt.

Saat ini, objek pengasapan dilakukan diwilayah Kampung Laba, Rw 08 yang meliputi wilayah Rt 01, 02, 03. Suwinto (55) selaku ketua Rt 01 menyambut baik kedatangan tim fogging yang terdiri dari beberapa gabungan awak media, aliansi, UPT Puskesmas Labuan, Kader, Tokoh masyarakat, dan Pj Kepala Desa Cigondang.

“Terima Kasih atas kepedulian terhadap warga kami, sebenarnya kami resah dengan merebaknya kasus DBD di Kecamatan Labuan, termasuk di Desa Cigondang. Karena wilayah kami memang padat penduduk, sementara kurangnya kesadaran warga kami akan kebersihan lingkungan,” ucapnya pada wartawan.

Pantauan awak media dilokasi, pengasapan (fogging) yang dilakukan mulai pukul 9.30 Wib disambut baik oleh warga. Dari rumah penduduk yang di fogging, hingga rumah ibadah dan lingkungan Sekolah di SDN 3 Cigondang.

Baca Juga: Gabungan Wartawan, AFMP, Muspika dan PLTU Banten 2 Labuan Lakukan Fogging

Denis Rismanto, selaku Ketua Aliansi Forum Masyarakat Pandeglang (AFMP) juga turut mendampingi acara fogging.

“Pelaksanaan pengasapan (fogging) di wilayah Desa Cigondang sejak dari kemarin kita berkolaborasi dengan Muspika Kecamatan Labuan, UPT Puskesmas Labuan, Kepala Desa Cigondang, dan juga support dari Manajemen PLTU Banten 2 Labuan,” terang Denis.

Selanjutnya ia berharap pengasapan (fogging) ini tidak hanya dilakukan di Desa Cigondang saja, namun juga dilakukan di Desa lainnya di wilayah Kecamatan Labuan. Menurut data yang disampaikan, kasus DBD terbanyak di Kabupaten Pandeglang adalah Kecamatan Labuan.

“Ada 87 kasus yang terpapar DBD di Kecamatan Labuan dan terbanyak di Kabupaten Pandeglang berdasarkan hasil koordinasi dengan Kadinkes Pandeglang. Selanjutnya, agenda kita akan melakukan fogging juga di wilayah PLTU Banten 2 Labuan serta Desa Banyubiru, Kecamatan Labuan,” pungkasnya.

Sementara itu, Pj Kepala Desa Cigondang memberikan himbauan kepada warganya agar menjaga kebersihan.

Terlihat dilokasi, antusias warga bersama perangkat Desa Cigondang yang melakukan bersih- bersih di lingkungannya masing-masing.

Reporter : Yona
Editor : Amin
Publisher : Eka Putri

Tinggalkan Balasan